Juli 4, 2020

Manfaat Oil Pulling Untuk Kesehatan Mulut

IDWARTA.com – Oil Pulling merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari India dan hingga kini mulai banyak dikenal ke berbagai negara. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan terapi oil pulling ini untuk kesehatan mulut. Dan cara penerapannya pun juga cukup mudah untuk dilakukan sehingga banyak digemari oleh banyak kalangan.

Oil Pulling dilakukan dengan cara berkumur selama 10-15 menit menggunakan minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak wijen. Kegiatan berkumur ini biasanya dilakukan dipagi hari sebelum sarapan. Kemudian bisa dilanjutkan berkumur dengan menggunakan larutan air garam lalu dilanjutkan menggosok gigi.

Teknik Oil Pulling ini telah dipercaya dapat menjaga kebersihan rongga mulut dan kesehatan gigi. Oil pulling tidak menimbulkan efek samping meskipun digunakan dalam jangka panjang, karena bukan menggunakan bahan kimia melainkan minyak nabati yang telah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat Oil Pulling untuk kesehatan mulut, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

 

1. Membantu menghilangkan bau mulut

Bau mulut dapat disebabkan karena banyak faktor termasuk kurangnya menjaga kebersihan mulut, adanya bakteri, infeksi gusi dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah seperti ini kalian bisa melakukan dengan berkumur dan menggosok gigi menggunakan obat antiseptik. Didalam sebuah studi penelitian menyatakan bahwa untuk mengatasi bau mulut dengan menerapkan teknik oil pulling sama halnya dengan berkumur menggunakan obat antiseptik.

Dalam penelitian tersebut ada 10 anak diminta untuk berkumur menggunakan obat antiseptik dan 10 anak lagi diminta untuk melakukan teknik oil pulling dan hasilnya sama-sama mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Sehingga sudah terbukti jika menerapkan teknik oil pulling ternyata dapat membantu menghilangkan bau mulut.

2. Mencegah gigi berlubang

Gigi berlubang terjadi karena pembusukan gigi akibat dari kurangnya menjaga kebersihan mulut, banyak mengkonsumsi gula, penumpukan bakteri dan plak juga menjadi salah satu penyebab gigi berlubang.

Plak sendiri membentuk lapisan pada gigi berupa partikel makanan, air liur dan bakteri. Setelah itu bakteri memecah partikel makanan sehingga membentuk asam yang dapat menghancurkan dan merusak gigi.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan teknik oil pulling bisa mencegah dan mengurangi bakteri serta timbulnya plak yang ada dimulut sehingga kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga dengan baik.

3. Membunuh bakteri dalam mulut

Didalam mulut terdapat banyak sekali bakteri-bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan terjadinya masalah pada mulut misalnya seperti infeksi pada gusi, bau mulut dan gigi berlubang.

Dalam sebuah penelitian ditahun 2016 silam menyatakan bahwa melakukan oil pulling sudah terbukti dapat mencegah dan membunuh bakteri dalam mulut. Sehingga kalian bisa menjaga kebersihan mulut dengan baik dan terhindar dari masalah kesehatan mulut.

4. Mencegah timbulnya sariawan akibat infeksi

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya sariawan dimulut misalnya seperti iritasi, infeksi, hormon dan lain sebagainya. Munculnya sariawan dimulut menimbulkan rasa yang tidak nyaman jika dibuat makan atau minum karena rasa sakit tersebut.

Dengan melakukan teknik oil pulling dipercaya mampu mencegah timbulnya sariawan akibat infeksi pada mulut dan menjadi alternatif untuk menghindari hal tersebut.

5. Mencegah peradangan pada gusi

Peradangan pada gusi biasanya ditandai dengan gusi membengkak dan mengeluarkan darah. Yang menjadi penyebab utama peradangan gusi yaitu bakteri yang ada didalam plak.

Dalam sebuah percobaan studi menyatakan bahwa ada 60 orang yang sedang mengalami radang gusi dan mulai menerapkan teknik oil pulling dengan menggunakan minyak nabati selama 30 hari. Setelah berjalan selama seminggu sudah mulai menunjukkan perubahan hasil yang signifikan. Plak yang tumbuh dimulut mereka mengalami pengurangan dan terjadi peningkatan terhadap kesehatan gusi mereka.

Perlu diketahui ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan teknik oil pulling yaitu sebagai berikut :

  1. Dalam melakukan oil pulling gunakan minyak organik yang berkualitas baik.
  2. Ketika melakukan oil pulling, jangan sampai menelan minyak tersebut karena telah mengandung banyak bakteri berbahaya.
  3. Setelah selesai melakukan oil pulling, jangan membuang minyak bekas ke wastafel karena dapat menyebabkan wastafel tersumbat.

Ketahuilah langkah-langkah yang tepat saat melakukan teknik oil pulling yaitu sebagai berikut :

  1. Lakukan oil pulling dipagi hari sebelum sarapan.
  2. Ambilah satu sendok minyak nabati ( zaitun, kelapa atau wijen ) kemudian buatlah berkumur selama 10-15 menit.
  3. Setelah selesai berkumur, buanglah bekas minyak tersebut dan lanjutkan berkumur dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang masih ada didalam mulut.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan hal tersebut secara rutin.

Itulah penjelasan mengenai manfaat oil pulling untuk kesehatan mulut dan langkah-langkah yang benar saat melakukan oil pulling. Yuk sedari dini mulailah jaga kesehatan mulutmu dari hal-hal yang sederhana seperti ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

JADILAH YANG PERTAMA BERKOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*