Manfaat Tanaman Lidah Mertua Untuk Kesehatan dan Lingkungan

  • Whatsapp
Manfaat Tanaman Lidah Mertua Sebagai Penghasil Oksigen Melimpah

Tanaman yang di kenal dengan nama latin sansevieria merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Afrika Barat. Siapa sangka manfaat tanaman lidah mertua ini ternyata sangat ampuh untuk kesehatan dan juga lingkungan.

Lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup terkenal sebagai hiasan di dalam rumah karena bisa tumbuh dengan sedikit air dan minim cahaya matahari.

Bacaan Lainnya

Mempunyai karakter bentuk yang keras, tegak panjang, sukulen dengan ujung yang meruncing. Di juluki sebagai lidah mertua karena mempunyai bentuk yang tajam.

Selain memiliki fungsi sebagai tanaman hias, manfaat tanaman lidah mertua ini belum banyak diketahui orang banyak. Salah satunya yaitu mampu menyerap berbagai macam polusi udara.

13 Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Di bawah ini ada beberapa manfaat tanaman lidah mertua untuk kesehatan dan lingkungan yang mungkin kamu belum tahu.

1. Mengurangi Radiasi

Di dalam rumah pasti kita sering menggunakan barang-barang elektronik seperti TV, komputer, laptop dan lain sebagainya.

Dengan memelihara tanaman lidah mertua ini ternyata mereduksi gelombang radiasi yang di hasilkan oleh barang-barang elektronik tersebut. Jadi mata akan terjaga kesehatannya.

Lebih baik meletakkan tanaman ini di meja tamu atau ruang keluarga yang biasanya sering di gunakan untuk berkumpul.

2. Manfaat Tanaman Lidah Mertua Mampu Menyerap Polusi Udara

Pada dasarnya, tanaman hijau di manfaatkan untuk menyerap CO2 di dalam ruangan. CO2 tersebut di perlukan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis yang kemudian akan di proses menjadi oksigen.

Apabila anda menanam tanaman lidah mertua tersebut di dalam ruangan setidaknya mereka dapat berfungsi untuk membantu menyerap polusi udara. Sehingga udara akan terasa lebih sejuk dan segar.

3. Menyerap Polutan

Pasalnya, tidak semua tanaman mampu menyerap polutan dan mempunyai titik resisten yang tinggi. Namun, lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kemampuan tersebut.

Tanaman hias yang satu ini mampu menyerap sampai 107 jenis polutan termasuk asap rokok. Jadi apabila di rumah anda ada perokok aktif, lebih baik menanam tanaman ini dan meletakkannya di dalam ruangan.

Baca juga : Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua Yang Tepat Agar Tidak Layu.

4. Pembersih Udara Alami

Lidah mertua memiliki kemampuan sebagai pembersih udara yang lebih baik jika di bandingkan dengan tanaman hias dalam ruangan lainnya. Sehingga memelihara tanaman ini menjadi pilihan yang tepat untuk pecinta tanaman hias dan mereka yang sadar akan pentingnya kesehatan.

Lidah mertua mampu menyerap karbon monoksida dalam jumlah banyak dan menghasilkan oksigen serta menyaring racun yang berasal dari udara.

5. Manfaat Tanaman Lidah Mertua Sebagai Penghasil Oksigen Melimpah

Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman penghasil oksigen tinggi siang malam yang melimpah, tentu hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Lidah mertua dapat menyerap racun dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Selain itu, tanaman tersebut mampu melepaskan kelembapan di udara dan mengurangi risiko alergi di udara secara efektif.

6. Menyerap Karbon Dioksida pada Malam Hari

Lidah mertua juga bermanfaat untuk menyerap karbon dioksida di malam hari. Hal tersebut di akibatkan oleh Crassulacean Acid Metabolism (CAM).

CAM mempunyai kemampuan untuk melakukan fotosintesis tertentu yang biasanya dilakukan oleh tumbuhan yang cenderung kekeringan dan iklim kering.

Mereka dapat membuka stomata di malam hari untuk mengurangi kehabisan air dalam kondisi iklim panas.

7. Manfat Tanaman Lidah Mertua Dapat Menyerap Bau

Selain mampu menghisap racun dan segala sesuatu yang tidak baik bagi manusia, ternyata bunga tanaman lidah mertua ini mempunyai bau sedap yang khas. Bahkan pada negara maju memanfaatkan lidah mertua tersebut sebagai parfum.

Sehingga sangat cocok memelihara dan meletakkan tanaman hias satu ini di dapur dan kamar mandi atau tempat lainnya yang berpotensi menimbulkan bau menyengat.

Sejuta Manfaat dari Tanaman Lidah Mertua Bagi Kesehatan

8. Sebagai Antiseptik Alami

Merupakan tanaman yang memiliki kandungan antiseptik alami dengan sifat anti racun yang baik. Sehingga tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri.

9. Tanaman Anti Kanker

Kemampuan lidah mertua menyerap polutan dan racun udara seperti benzena, xilen, formaldehida. Sehingga dengan menanam tanaman tersebut menjadi pilihan yang efektif untuk mencegah penyakit mematikan ini.

10. Membantu Mengobati Wasir

Manfaat tanaman lidah mertua untuk kesehatan ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan obat wasir yang mana penderitanya mengalami susah buang air besar. Lidah mertua berfungsi membantu melancarkan proses pembuangan.

11. Membantu Mengurangi Sakit Kepala

Sakit kepala ringan atau berat tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan memanfaatkan lidah mertua dapat membantu mengurangi sakit kepala. Cara penggunaannya yaitu dengan terlebih dahulu membakar tanaman pedang-pedangan ini.

12. Manfaat Tanaman Lidah Mertua Dapat Membantu Menurunkan Resiko Diabetes

Lidah mertua juga bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko diabetes. Cara penggunaannya yaitu rebus terlebih dahulu daun lidah mertua kemudian di minum, supaya dapat membantu menetralisir tingginya kadar gula dalam darah.

13. Menutrisi Rambu Secara Alami

Sama seperti lidah buaya, lidah mertua juga memiliki manfaat untuk menutrisi rambut secara alami.

Caranya yaitu ambil gel pada daun lidah mertua kemudian oleskan pada rambut secara teratur agar rambut berkilau dan tetap sehat ternutrisi.

Itulah beberapa manfaat tanaman lidah mertua untuk kesehatan dan lingkungan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Jangan lewatkan pula ulasan tentang jenis tanaman Monstera si Janda Bolong.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − six =