Juli 4, 2020

Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh

IDWARTA.com – Mungkin bagi sebagian orang belum begitu mengenal dan mengetahui tentang apa dan manfaat dari terong belanda. Biasanya terong belanda ini diolah dalam bentuk jus atau minuman segar.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi didalam terong belanda yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meskipun memiliki nama depan yang sama yaitu terong. Tetapi terong ungu dan terong belanda memiliki perbedaan. Jika terong ungu biasanya diolah menjadi campuran sayur menjadi makanan yang lezat. Sedangkan terong belanda diolah menjadi jus, minuman segar dan campuran dalam es buah.

Mengenal Tentang Terong Belanda

Terong belanda memiliki nama latin Solanum betaceum. Terong belanda termasuk dalam kategori buah-buahan. Buah ini berasal dari Amerika Serikat Selatan. Kenapa buah ini oleh orang Indonesia diberi nama terong belanda karena sering dibawa oleh orang Belanda pada saat zaman colonial.

Buahnya berbentuk oval seperti telur dan memiliki rasa asam. Selain diolah menjadi jus atau minuman segar, terong belanda juga dijadikan sebagai sirup, selai dan campuran salad.

Banyak sekali kandungan yang terdapat pada terong belanda seperti vitamin A, vitamin C, protein dan flavonoid sebagai antioksidan untuk melawan berbagai macam penyakit. Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja manfaat terong belanda untuk kesehatan tubuh, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh

 

1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat terong belanda yang pertama yaitu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin B kompleks pada terong belanda berguna untuk mengatur metabolisme tubuh yang berfungsi mengubah makanan menjadi nutrisi yang penting bagi organ dan sel jaringan.

Jika kalian sering mengalami kelelahan, kalian bisa mencoba mengkonsumsi terong belanda  karena kandungan vitamin B kompleks yang terdapat pada terong belanda di percaya bisa mengatasi masalah tersebut. Sehingga tubuh akan menjadi lebih bugar dan tidak mudah lelah.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Mengkonsumsi terong belanda secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat  dalam tubuh. Serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Dengan terjadinya penurunan kadar kolesterol jahat dan peningkatan kadar kolesterol baik sehingga aliran darah akan menjadi lebih lancar dan pembuluh darah menjadi lebih sehat.

3. Mencegah anemia

Manfaat terong belanda selanjutnya yaitu mencegah anemia. Kandungan zat besi yang terdapat pada terong belanda dapat membantu mencegah penyakit anemia.

Serta kandungan mineral yang terdapat pada terong belanda dapat membantu produksi sel darah merah. Sehingga jika mengkonsumsi terong belanda secara rutin dapat membantu melawan gejala seperti pusing, sakit  dan kelelahan.

4. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A tinggi yang terdapat pada terong belanda dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan mata dan menghindari kerusakan yang terjadi pada mata.

Untuk menjaga kesehatan mata, kalian bisa mengkonsumsi 1 buah atau setara dengan 50 gram terong belanda secara rutin dengan cara dihaluskan tanpa menambahkan gula.

5. Mengatasi diabetes

Kandungan senyawa asam klorogenant yang terdapat pada terong belanda berfungsi membantu menurunkan kadar gula darah dan menjaga agar tetap stabil. Hal seperti ini sangat penting untuk tubuh karena dapat menghindari berbagai masalah penyakit seperti diabetes tipe 2.

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada terong belanda dapat membantu mengurangi masalah stres oksidatif pada organ tubuh seperti hati dan pankreas.

6. Mencegah penyakit kanker

Manfaat terong belanda selanjutnya yaitu membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan likopen yang terdapat pada terong belanda berfungsi sebagai pembunuh radikal bebas yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker didalam tubuh.

Kalian bisa memanfaatkan terong belanda dengan mengkonsumsinya secara rutin agar terhindar dari penyakit kanker.

7. Membantu mencegah penuaan dini

Manfaat terong belanda yang terakhir yaitu membantu mencegah penuaan dini. Selain mampu menangkal radikal bebas, mengkonsumsi terong belanda juga dapat membantu mencegah kerusakan yang terjadi pada kulit seperti penuaan dini.

Kandungan vitamin C dan vitamin E pada terong belanda dapat menjaga kulit tetap sehat, kencang dan tampak terlihat lebih awet muda.

Banyak sekali manfaat terong belanda untuk kesehatan tubuh kita. Jika kita mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Semoga bermanfaat.

JADILAH YANG PERTAMA BERKOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*