Hebat ! Inilah 7 Manfaat Tumbuhan Sirih Gading

  • Whatsapp
Ketahuilah Manfaat Tumbuhan Sirih Gading Untuk Obat, Kolam Ikan, Akuarium dan Aquascape

Siapa sangka ternyata manfaat tumbuhan sirih gading banyak sekali. Ditanam dan di tempatkan di dalam ruangan dapat membantu menyerap racun berbahaya di sekitar rumah.

Selain itu, menempatkan tanaman hias di dalam ruangan juga bisa membuat suasana rumah menjadi lebih asri, sejuk dan lebih indah. Tak heran jika sekarang ini banyak sekali orang berbondong-bondong membeli beberapa jenis tanaman hias dijadikan sebagai dekorasi rumah atau apartemen.

Bacaan Lainnya

Ada banyak sekali jenis tanaman hias salah satunya yaitu tumbuhan sirih gading. Sirih gading menjadi pilihan yang tepat di tanam dalam pot kecil yang cantik kemudian diletakkan di sudut ruangan, rak atau lemari.

Apalagi sebelumnya anda sudah menanam sirih gading di halaman pekarangan rumah. Berarti anda hanya perlu memindahnya saja ke dalam pot kecil.

Bentuk Tumbuhan Sirih Gading

Tumbuhan sirih gading merupakan tumbuhan merambat dengan akar gantung yang dapat melilit batang pohon.

Memiliki banyak nama julukan dan berbeda-beda. Orang Jawa  menyebut sirih gading dengan sebutan jalu mampang atau sulang dan samblung sebutan bagi orang Bali. Sedangkan di kalangan masyarakat Sunda di kenal dengan istilah lolo munding.

Tumbuhan sirih gading memiliki bentuk daun layaknya seperti daun sirih pada umumnya yaitu berbentuk jantung hati.

Perbedaannya yaitu terletak pada warna daun seperti kombinasi warna hijau dan kuning.

Ada banyak jenis sirih gading yaitu  sirih gading hijau, sirih gading Belanda dan sirih gading marble queen.

Jenis Sirih Gading

Tumbuhan sirih gading merupakan tumbuhan yang dapat bertahan hidup dan tumbuhan tersebut dapat di tanam pada jenis media apapun.

Sirih gading juga bisa di tanam di air yang mana perawatannya juga terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Apabila sirih gading di tanam pada tanah, pastikan terlebih dahulu media tanahnya gembur dan telah di campur dengan pupuk kandang. Ketika di tanam pada tanah, tanaman ini batangnya akan terlihat lebih besar dan jumlah daunnya lebih banyak.

Anda juga bisa menaruhnya pada pot kecil atau pot gantung karena tanaman ini cocok dijadikan sebagai vertical garden. Ketika di gantung tanaman ini terlihat lebih menawan karena memiliki daun yang banyak dan batangnya yang langsing.

Ketika di taruh di dalam vas bunga dan di jadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan akan memberikan kesan indah dan asri pada rumah anda.

Baca juga : 10 Jenis Tanaman Sirih Gading dengan Corak Daun Tercantik.

Manfaat Tumbuhan Sirih Gading

Penting sekali mengetahui beberapa manfaat dari tumbuhan bernama Sirih Gading yang jarang orang ketahui, sebagai berikut ini :

1. Membantu Menyerap Racun Berbahaya

Sirih gading ternyata mempunyai manfaat untuk membantu menyerap racun berbahaya di sekitar rumah. Misalnya seperti residu, sisa zat beracun yang berasal dari cat kayu, cat tembok  lain sebagainya.

2. Membantu Pernapasan

Manfaat tumbuhan sirih gading yaitu menyerap racun dan memberikan oksigen. Sehingga kadar debu dan polutan menjadi berkurang dan oksigen pun bertambah. Udara menjadi bersih dan pernapasan penghuni rumah akan tetap terjaga dengan baik.

3. Memberikan Pasokan Oksigen

Tanaman ini mampu memberikan pasokan oksigen di sekelilingnya. Tidak hanya sirih gading saja, tanaman lain juga demikian. Apabila anda menanam tumbuhan di sekitar rumah pasti akan merasakan udara akan menjadi lebih sejuk dan segar. Hal ini karena oksigen yang di hasilkan oleh tanaman tersebut.

Baca juga : Intip Sejuta Manfaat dari Tanaman Lidah Mertua.

4. Membantu Sirkulasi Udara Menjadi Lebih Baik

Manfaat tumbuhan sirih gading berikutnya yaitu membantu sirkulasi udara di dalam ruangan menjadi lebih baik. Tanaman ini mempunyai kelebihan menghasilkan oksigen lebih banyak.

Ketika sirkulasi udara dalam ruangan lebih bagus, maka anda dapat bernapas dengan baik dan tentu tidak merasakan sesak.

5. Menetralkan Ruangan Dari Bau Tidak Sedap

Dengan menanam sirih gading di dalam ruangan maka dapat membantu menetralkan bau menyengat atau tidak sedap yang berasal dari kamar mandi atau dapur. Anda dapat menaruhnya pada meja, sudut ruangan, dekat dengan dapur atau kamar mandi.

6. Membantu Menghilangkan Bau Asap Rokok

Selain dapat menyerap racun berbahaya di sekitar rumah dan menetralkan ruangan dari bau tidak sedap. Ternyata sirih gading juga dapat membantu menghilangkan bau asap rokok.

Jika di rumah anda ada perokok aktif sebaiknya anda menanam tanaman ini di rumah anda agar supaya dapat membantu menghilangkan bau asap rokok tersebut.

7. Memberikan Ketenangan Psikologis

Dengan menanam tanaman hias di dalam rumah selain di jadikan sebagai hobi ternyata juga dapat menghilangkan rasa stres dan memberikan ketenangan secara psikologis.

Beberapa penelitian membuktikan hal tersebut, bahkan ada yang menyatakan bahwa ada hubungannya dengan produktivitas kerja.  

Manfaat Sirih Gading Untuk Aquarium, Aquascape dan Kolam Ikan

Manfaat Sirih Gading Untuk Akuarium

1. Sebagai Hiasan

Manfaat tumbuhan sirih gading selanjutnya yaitu sebagai hiasan akuarium agar terlihat lebih indah dan cantik.

Sirih gading tidak hanya dapat di tanam pada media tanah atau gantung saja tetapi juga dapat hidup dan tumbuh di air. Sehingga ini sangat cocok jika di jadikan hiasan untuk mempercantik akuarium di rumah anda.

2. Membantu Menguraikan Amonia

Apabila anda memelihara ikan mas koki di kolam atau akuarium, anda dapat menaruh sirih gading tersebut.

Karena ikan mas koki sering mengeluarkan kotoran yang menghasilkan amonia, jika di biarkan hal tersebut tentu dapat membahayakan ikan itu sendiri.

Dengan mengetahui segudang manfaat menanam sirih gading di kolam ikan, akuarium & aquascape dapat membantu menguraikan amonia sehingga tidak membahayakan lagi untuk ikan mas koki, cupang, ikan channa dan lain sebagainya.

3. Penstabil Oksigen

Manfaat sirih gading untuk kolam ikan, aquarium dan lainnya yaitu dapat sebagai penstabil oksigen.

Sebab ketika tanaman ini mulai melakukan asimilasi, mampu menyerap karbondioksida serta mengeluarkan oksigen secara merata dalam akuarium. Terlebih di klaim dapat keluarkan zat antibiotik alami yang sempurna.

Jadi cukup dengan anda potong bagian sulur atau batang tumbuhan sirih gading sekitar 30 cm. Kemudian letakkan dalam akuarium dan di dasarnya berikan lapisan berupa jenis pasir malanga tau putih.

4. Sebagai Penyerap Kotoran Ikan

Selain dapat menghasilkan oksigen, ternyata sirih gading bermanfaat untuk penyerap kotoran ikan. Sehingga air dalam akuarium menjadi lebih jernih dan bersih. Jadi cocok bagi anda yang menginginkan tampilan akuarium atau aquascape menarik dan bebas kotoran.

5. Sebagai Tempat Persembunyian Ikan

Dengan adanya tumbuhan ini di dalam akuarium, tentu ikan-ikan yang ada akan senang sebab bisa untuk tempat persembunyian yang nyaman. Terlebih bisa sebagai tempat bertelur, ini berlaku bagi beberapa jenis ikan yang kerap tempatkan telur di dekat dedaunan.

Banyak sekali manfaat tumbuhan sirih gading, anda bisa memilih tumbuhan ini sebagai salah satu jenis tanaman hias di rumah anda. Selain dapat menyerap racun juga dapat di jadikan sebagai hiasan akuarium maupun obat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + sixteen =