IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Pada saat ini semakin banyak orang, terutama anak muda yang melakukan investasi, salah satunya investasi emas secara online. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berlomba-lomba menjadi masrketplace untuk investasi emas.

Hal ini menguntungkan bagi setiap pihak. Akan tetapi, bagi Anda yang masih pemula dalam hal investasi emas harus mengetahui definisi, syarat, dan rekomendasi marketplace untuk investasi emas yang aman dan terpercaya.

Definisi Investasi Emas Online

Investasi emas online adalah kegiatan untuk bertransaksi emas dengan bentuk digital sehingga Anda tidak perlu datang ke toko emas untuk membeli emas secara fisik. Anda cukup mengunduh aplikasi marketplace untuk investasi emas yang aman digunakan. Investasi emas online melalui marketplace tergolong praktis dan mudah.

marketplace untuk investasi

Anda hanya perlu membayar investasi dengan minimal 20 ribu rupiah dan Anda dapat mengumpulkan hingga Anda dapat memenuhi harga emas 1 gram. Apabila Anda telah memiliki emas sekitar 1 gram, maka Anda dapat menarik atau mengambilnya dalam bentuk fisik. Anda juga dapat menjualnya ke orang lain maupun penyedia jasa investasi emas ketika harga emas mulai naik agar Anda meraih keuntungan.

Syarat Investasi Emas Online

Setiap website maupun marketplace untuk investasi emas memiliki syarat yang berbeda-beda. Biasanya syarat utamanya yaitu verifikasi data diri serta mengisi formulir yang disediakan. Pada umumnya, setiap marketplace untuk investasi ini mengizinkan Anda mencicil emas mulai dari 0,0001 gram. Syarat kedua adalah penggunaan kode OTP yang dikirimkan oleh marketplace. Anda harus menjaga kode ini karena merupakan kunci dalam bertransaksi.

10 Rekomendasi Marketplace Untuk Investasi Emas

1. Antam

Marketplace untuk investasi emas yang pertama adalah Antam. Antam termasuk perusahaan BUMN sebagai produsen emas terpercaya di negara Indonesia. Emas yang diproduksi oleh marketplace untuk investasi ini terjamin kemurniannya sebesar 99,99% ataupun 24 karat. Anda dapat membeli emas Antam memelalui beberapa cara, contohnya datang langsung ke gedung pusatnya atau cabang perusahaan Antam. Anda juga dapat mulai investasi emas secara onlinedengan aplikasi Brankas LM.

2. Bank Syariah

Marketplace untuk investasi emas yang kedua adalah Bank Syariah. Anda dapat melakukan investasi emas dengan beberapa bank syariah, contohnya Bank Syariah Mandiri, Bank BCA Syariah, serta Bank BNI Syariah. Umumnya, kredit pada tiap bulannya cukup terjangkau dalam melakukan investasi emas. Keunggulan menggunakan marketplace untuk investasi berupa bank syariah adalah bagi Anda yang ragu dengan hukum investasi.

3. Marketplace

Marketplace untuk investasi emas yang ketiga adalah marketplace toko online dan dompet digital. Hal ini sangat memudahkan para investor pemula untuk mulai investasi emas secara online. Karena modal yang Anda keluarkan untuk membeli emas hanya mulai 5.000 hingga 10.000 rupiah. Pelayanan ini dapat Anda temukan di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan marketplace untuk investasi emas lainnya. Anda juga dapat berinvestasi di dompet digital seperti DANA, OVO, dan marketplace untuk investasi yang sejenis. Caranya sangat praktis dan pastinya terpercaya.

4. Pegadaian

Marketplace untuk investasi emas yang keempat adalah Pegadaian. Marketplace untuk investasi yang satu ini dipercaya menjadi pelopor dalam menabung maupun membeli emas dengan cara kredit. Keuntungan yang ditawarkan oleh Pegadaian adalah harga penjualan emas mencapai 97% sedangkan marketplace untuk investasi emas yang lain sebesar 95%. Anda juga tidak akan diminta biaya penitipan emas serta biaya administrasi pada tahun pertama investasi emas. Pegadaian juga memiliki aplikasi untuk melakukan investasi secara online bernama Pegadaian Digital.

5. Indogold

Marketplace untuk investasi emas yang kelima adalah Indogold. Indogold sudah berdiri sejak tahun 1978 dalam bidang ini. Indogold pastinya sudah terdaftar di OJK dan mendapatkan sertifikasi ISO agar menunjukkan keamanannya yang terjamin. Fitur yang disediakan oleh marketplace untuk invesasi emas ini adalah Anda dapat mulai investasi emas onlinehanya bermodalkan 10.000 rupiah dan tidak dipungut biaya administrasi. Indogold memasok emasnya dari Antam maupun UBS. Indogold bekerja sama dengan berbagai pihak, contohnya  DANA, LinkAja, Gopay, Bukalapak, juga OVO.

6. Pluang

Pluang adalah produk yang dikeluarkan oleh PG Berjangka yang telah terdaftar di BAPPEBTI atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Pluang merupakan salah satu marketplace untuk investasi emas secara online dan Anda dapat mulai investasi dengan modal 5.000 rupiah dan tidak ada biaya tambahan apa-apa. Pluang telah bekerjasama dengan Tokopedia maupun Go Investasi.

7. ORORI

Marketplace untuk investasi emas yang ketujuh adalah ORORI. ORORI menyediakan emas Antam serta logam mulia untuk investasi emas. Anda dapat mengunjungi website ORORI dan aplikasinya. Anda juga dapat menemukannya di Lazada, Blibli, Tokopedia, serta Shopee.

8. E-Mas

Marketplace untuk investasi emas yang kedelapan adalah E-Mas. E-Mas adalah salah satu marketplace untuk investasi emas yang diluncurkan sejak tahun 2017. Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah Anda dapat membeli emas mulai dari 100 rupiah! Anda dapat mencicilnya hingga mencapai berat emas fisik yang ada di pasaran, contohnya 1 ataupun 5 gram. Anda juga dapat mengambil atau menariknya dalam bentuk fisik lho!

9. Brankas Logam Mulia

Marketplace untuk investasi emas yang kesembilan adalah Brankas Logam Mulia. Logam Mulia termasuk ke dalam bisnis dari perusahaan Antam. Website logammulia.com menyediakan layanan disebut BRANKAS atau Berencana Aman Kelola Emas yang merupakan layanan online dalam transaksi jual-beli emas. Harga yang ditawarkan oleh marketplace untuk investasi emas ini jauh lebih murah dan sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dalam berinvestasi emas.

Fitur pembelian emas di BRANKAS hanya dapat dilakukan bila minimal emasnya sekitar 1 gram. Selain itu, Anda dapat menjualnya kembali apabila harga emas sedang naik agar Anda mendapatkan keuntungan. Fitur yang ditawarkan juga adalah pencairan emas dalam bentuk fisik, dimana marketplace untuk investasi emas ini bekerja sama dengan kurir tertentu untuk mengirimkannya ke rumah Anda masing-masing dan pastinya terdapat asuransi yang terpercaya.

10. Lakuemas

Marketplace untuk investasi emas yang kesepuluh adalah Lakuemas. Lakuemas merupakan marketpalce untuk investasi emas yang menyediakan jasa untuk mencetak sertifikat dengan pecahan paling kecil yaitu 10 gram. Anda perlu menyiapkan sekitar 50.000 rupiah untuk mulai berinvestasi emas. Lakuemas juga memiliki fittur untuk menjamin dan menyimpan emas dengan aman.

Akhir Kata

Demikianlah 10 rekomendasi marketplace untuk investasi emas aman dan terpercaya hanya untuk Anda, terutama para investor pemula. Perhatikan baik-baik setiap kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing marketplace agar Anda tidak dirugikan. Anda tidak perlu khawatir sebagai investor pemula karena banyak aplikasi yang memang dibuat bagi para pemula sehingga ada fitur belajar yang disediakan. Mulailah belajar investasi dari sekarang ya untuk menyambut masa depan. Selamat melakukan investasi emas!