IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 4, 2022

idwarta.com – Nah, jika kamu termasuk salah satu yang susah nabung, wajib simak tips dari PermataBank berikut ini.

1. Tetapkan Tujuan sebagai Motivasi

Banyak orang susah nabung hanya karena tidak punya tujuan yang pasti. Nah, buatlah tujuan supaya kamu jadi lebih termotivasi untuk menabung. Misal untuk membeli mobil, DP rumah, atau jalan-jalan ke luar negeri.

2. Tulis Berbagai Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan

Identifikasi kebiasaan-kebiasaan boros yang sering kamu lakukan selama ini. Termasuk hal-hal apa pun selama seminggu yang menghabiskan uang banyak, perlu dijabarkan sedetail mungkin. Mengidentifikasi kebiasaan boros akan membantu kamu merefleksi diri. Kemudian, sebisa mungkin, kurangi kebiasaan itu apabila sulit untuk menghentikannya.

3. Ubah Kebiasaan Boros Jadi Lebih Hemat

Setelah mampu mengidentifikasi kebiasaan boros yang sering dilakukan, saatnya untuk mengubah kebiasaan lama tersebut menjadi sesuatu yang menguntungkan. Misalnya, jika kamu sering pesan makanan di luar, coba alihkan biaya membeli makan tersebut untuk membeli bahan baku makanan dan memasaknya sendiri di rumah.

4. Sisihkan Langsung dari Pendapatan

Sebelum menggunakan pendapatan untuk berbelanja, ada baiknya kamu langsung mengalokasikan dana untuk ditabung ke rekening terpisah yang telah dibuat. Jika dibiarkan bercampur lama-lama, alokasi dana tabungan akan semakin rentan dirogoh baik sengaja maupun tidak sengaja.

5. Buka Tabungan Online

Siapkan tabungan online khusus yang berbeda dengan rekening belanja. Tujuannya agar uang yang akan kamu tabung terpisah dari uang kebutuhan belanja. Jangan pernah menyentuh rekening tabungan ini dengan alasan apa pun. Dengan begitu, uang yang ingin kamu tabung pun tidak akan mungkin terpakai.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”