Monstera Deliciosa, Jenis Tanaman Penghasil Oksigen

Monstera Deliciosa merupakan jenis tanaman penghasil oksigen yang banyak di buru. Terutama oleh mereka yang memiliki hobi merawat tanaman hias. Di tengah pandemi ini merawat tanaman hias sedang menjadi tren di kalangan masyarakat.

Salah satu tanaman yang banyak di minati yaitu Monstera Deliciosa alias janda bolong. Tanaman yang memiliki bentuk unik ini serta daun yang besar dapat di jadikan sebagai hiasan menarik di rumah.

Monstera deliciosa merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan pencahayaan cerah namun tidak langsung. Artinya, tanaman satu ini tidak boleh langsung terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Monstera deliciosa dapat tumbuh dengan subur dalam kondisi tanah yang tingkat kelembapannya tinggi namun tidak terlalu banyak air. Apabila di letakkan ke dalam pot, maka sebaiknya lubang drainasenya harus baik.

Tanaman monstera deliciosa berasal dari Meksiko selatan dan beberapa wilayah di Amerika selatan jadi tergolong sebagai tanaman tropis.

Menariknya tanaman ini mempunyai akar berbasis tanah, tetapi ada juga akar di sepanjang batangnya yang berperan membantu untuk proses tumbuh. Tanaman ini juga termasuk tanaman beracun khususnya bagi hewan peliharaan juga berpotensi bahaya bagi anak-anak.

Mulai dari batang, daun, getah hingga akarnya beracun. Namun, kenyataannya tanaman ini menghasilkan buah yang biasa di sebut buah monster. Buahnya dapat di makan ketika matang.

Jangan memakan buah dalam keadaan mentah karena kandungan asam oksalat yang tinggi. Kandungan asam oksalat dapat menyebabkan iritasi tenggorokan.

Pada habitat yang tepat dan sesuai, tanaman itu dapat tumbuh runcing dan berbunga dengan baik.

Cara Merawat Monstera Deliciosa

Termasuk tanaman tropis, maka di luar habitat tropis aslinya tanaman ini cenderung tidak begitu kuat. Agar tanaman monstera deliciosa dapat benar-benar tumbuh dengan baik yaitu membutuhkan suhu dan kelembapan yang tinggi.

Ketika tanaman ini di letakkan di luar ruangan, hindari tanaman terkena paparan sinar matahari secara langsung supaya dapat tumbuh dengan baik. Namun, jika di letakkan di dalam ruangan pastikan mendapatkan suhu yang tepat dan kelembapan yang cukup.

Perlu anda tahu, bahwa tanaman ini rentan karena pembusukan akar. Sehingga jangan terlalu banyak menyiramnya dengan air. Tetapi juga jangan terlalu sedikit karena tanaman bisa menjadi layu.

Usahakan menyiramnya yaitu ketika 3 cm tanah di bawah terlihat kering, itu menjadi tanda waktunya untuk menyiram.

Namun, kurangi frekuensi penyiraman ketika musim hujan. Tunggu hingga 5 cm tanah di bawah permukaan terlihat kering. Tetapi jangan biarkan tanaman sampai layu.

Untuk media tanamnya, monstera deliciosa dapat di tanam pada tanah yang sedikit berpasir. Akan tetapi lebih baik menanam tanaman ini pada tanah gambut dengan drainase yang baik.

Tanah yang di pilih juga harus kaya akan nutrisi dan dapat menahan kelembapan tanpa menjadi basah. Apabila campuran media pot tidak mengandung parlit, lebih baik tambahkan dengan sedikit parlit untuk meningkatkan drainase.

Sedangkan untuk pupuk, gunakan pupuk cair. Caranya yaitu encerkan terlebih dahulu sekitar setengah sendok teh pupuk dalam satu ember air. Siramkan ke tanah untuk sebagai pengganti penyiraman rutin.

Harga

Mengenai banderolan harga tanaman Monstera Deliciosa di beberapa lapak jual beli online maupun offline berkisar antara Rp 50 ribuan (bibit), hingga Rp 1,5 jutaan (sudah memiliki daun yang berbentuk dan cukup cantik).

Akhir Kata

Itulah cara merawat monstera deliciosa jenis tanaman air penghasil oksigen sekaligus sebagai tanaman hias untuk dekorasi di dalam rumah, agar terlihat lebih menarik. Jangan lewatkan jenis tanaman Monstera yang paling di cari konsumen pecinta tanaman hias.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *