IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Di dunia internet saat ini memang sangat banyak tersedia situs yang mirip termasuk juga situs resmi Shopee Indonesia. Maka dari itu, Anda pun harus lebih curiga agar tidak tertipu dengan website palsu karena rawan akan penipuan. Selain itu, mereka juga memiliki kemiripan nama namun beda domain.

Situs Resmi Shopee Indonesia

Bagi Anda yang sedang mencari situs resmi Shopee Indonesia, maka jawabannya adalah https://shopee.co.id dimana di dalamnya terdapat berbagai informasi dan pengumuman secara resmi dari pihak Shopee. Ketika pengguna mengaksesnya, maka dipastikan tidak akan ada unsur penipuan.

Jika Anda ingin berbelanja di Shopee lewat PC seperti laptop atau komputer, maka terlebih dahulu untuk mengunjungi situs resmi Shopee Indonesia tersebut sebagai halaman website. Sementara untuk induknya adalah shopee.com.

Di masing-masing negara saat ini beberapa diantaranya sudah memiliki Shopee begitupun warga negara di sana juga dapat mengakses situs resmi namun berbeda nama domainnya. Tentu saja mereka akan memakai nama domain masing-masing seperti shopee.vn (Vietnam) dan shopee.sg (Singapura)

Pengumuman Undian Lewat Situs Resmi Shopee Indonesia

Untuk menghindari adanya penipuan, jika Anda telah mengikuti undian di Shopee dan dinyatakan sebagai pemenangnya, maka pastikan bahwa berita tersebut berasal dari situs resmi Shopee Indonesia. Jangan pernah percaya akan informasi dari media yang tidak jelas sumbernya.

Jika ada nomor HP tidak dikenal lalu mengatakan bahwa Anda pemenangnya, jangan pernah percaya akan informasi tersebut. Waspadalah penipuan yang sangat marak terjadi di dunia online dengan cara menerima pengumuman dan info hanya dari media resmi yang bersangkutan.

Untuk mengetahui apakah hadiah tersebut benar dari Shopee atau tidak, maka cek terlebih dahulu melalui situs resmi Shopee Indonesia. Jangan hanya mengecek pada satu sumber saja namun juga lakukan pengecekan di media lain seperti sosial media milik Shopee hingga aplikasinya langsung.

Baca juga : Cara Menarik Komisi Shopee Affiliate Bagi Pemula

Modus Penipuan atas Penyalahgunaan Shopee

Ada penipuan yang sering dialami oleh pengguna Shopee dimana Anda harus lebih waspada. Pertama adalah, Fraud seperti penyalahgunaan program Shopee atau upaya penipuan merugikan. Berikutnya, Scam yakni aktivitas menyalahgunakan akun user oleh pihak di luar Shopee tanpa diketahui pemilik.

Modus kedua yakni phising atau usaha yang dilakukan untuk mendapat akses ke akun Anda dengan mencuri informasi secara penting seperti password dan data diri. Kasus penipuan seperti ini memang seringkali terjadi terutama melalui panggilan telepon.

Modus penipuan seperti ini harus Anda waspadai karena aksi oknum akan mendesak untuk meminta segera mengirimkan informasi kartu ATM atau kredit atau meminta menyebutkan kode OTP. Guna menghindari kasus ini, ada baiknya jangan mudah tergoda dengan penawaran hadiah tersebut.

Cara Melaporkan Penipuan Shopee

Bagi Anda yang mengalami beberapa kejadian seperti di atas, maka berikut ini cara untuk melaporkan penipuan tersebut ke pihak Shopee. Setidaknya sebagai pengguna perlu memastikan bahwa aksi mereka bukan berasal dari pihak resmi Shopee.

1. SMS dan Telepon

Anda bisa melaporkan modus penipuan lewat call centre Shopee dengan nomor 1500702. Layanan lewat telepon ini dapat diakses selama 24 jam di hari Senin sampai Minggu termasuk juga di hari libur nasional yang artinya pengguna memungkinkan untuk menghubungi kapan pun.

Selain itu juga bisa melaporkan kasus penipuan tersebut lewat SMS. Cara satu ini terbilang lebih praktis daripada menggunakan sambungan telepon. Namun harus mengikuti format pesan dari Shopee agar lebih cepat mendapatkan feedback dari Shopee.

Baca juga : Cek 5 Keuntungan Shopee Affiliate Bagi Pemula

2. Lewat Email

Anda juga bisa menggunakan email untuk mengirimkan laporan kepada tim Shopee atas kejadian penipuan. Dengan format teks yang ada, pengguna dapat menceritakan terlebih dahulu tentang kronologis penipuan dan melampirkan bukti foto apabila ada.

Anda bisa mengirimkan laporan ini ke pihak Shopee lewat alamat email resmio yakni [email protected] Pastikan terlebih dahulu jika judul dan isi email sudah relevan sehingga pelaporan tersebut segera ditindaklanjuti oleh Shopee.

Itulah tadi nama situs resmi Shopee Indonesia yang bisa Anda akses agar terhindar dari aksi penipuan. Mengingat bahwa saat ini banyak orang menghalalkan segala cara demi mendapatkan keuntungan meski caranya tidak baik.