Nyeri Saat Haid dan Cara Mengatasinya
Kesehatan

Nyeri Saat Haid, Inilah Tips Ampuh Mengatasinya

IDWARTA.com – Setiap wanita pasti akan mengalami yang namanya haid atau menstruasi. Itu berarti menandakan bahwa mereka telah matang secara biologis. Tetapi yang menjadi masalah dan dialami oleh sebagian wanita yaitu nyeri saat haid. Meski sebenarnya rasa nyeri ini menjadi hal yang wajar didalam siklus menstruasi wanita.

Namun, rasa nyeri saat haid yang berlebihan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala yang muncul nyeri saat haid biasanya ditandai dengan kram seperti nyeri pada bagian perut, punggung bawah dan paha bagian dalam, nyeri kepala ringan, diare, mual dan muntah.

Tetapi anda tidak perlu khawatir, masalah seperti ini bisa diatasi berdasarkan penyebab yang dialaminya. Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah nyeri saat haid yaitu obat penghilang rasa sakit seperti obat anti inflamasi non-steroid. Ini bisa dimulai saat satu atau dua hari sebelum menstruasi. Alternatif lain yaitu pil kontrasepsi oral kombinasi juga dapat meredakan dan menekan rasa nyeri saat haid.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri saat haid tanpa mengonsumsi obat. Misalnya seperti melakukan kompres dengan botol yang berisi air panas, vitamin B1, vitamin E dan melakukan stimulasi saraf listrik frekuensi tinggi. Tetapi tindakan ini bisa dilakukan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Tetapi ada beberapa cara alami yang bisa diterapkan ketika rasa nyeri saat haid mulai menyerang. Misalnya seperti melakukan latihan peregangan, berjalan, bersepeda santai, terapi hypnosis, yoga, akupuntur dan mengompres menggunakan botol berisi air panas pada bagian perut dan punggung bagian bawah atau bisa juga mandi dengan air hangat.

Lebih baik jangan mengonsumsi obat herbal sembarangan yang belum teruji secara klinis dan efek didalam tubuh jika dikonsumsi jangka panjang. Ada beberapa tips ampuh dengan cara alami yang bisa kalian lakukan untuk meredakan nyeri saat haid. Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Tips Ampuh Untuk Meredakan Nyeri Saat Haid

 

1. Pola makan teratur

Tips untuk meredakan nyeri saat haid yang pertama yaitu menjaga pola makan teratur. Sebagian wanita yang sedang haid pasti akan merasakan penurunan nafsu makan. Sebenarnya ini tidak baik karena justru malah akan menyebabkan timbulnya penyakit.

Tetaplah mengonsumsi makanan dengan frekuensi yang sering tetapi dalam porsi yang sedikit. Dengan begitu keseimbangan organ tubuh akan tetap terjaga dan rasa nyeri saat haid pun bisa berkurang.

2. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Mongonsumsi makanan yang bergizi itu sangat penting untuk kesehatan. Hindarilah makanan yang mengandung bahan pengawet, MSG dan makanan yang berlemak tinggi.

Makanan lain yang harus dihindari yaitu kopi, minuman bersoda dan alkohol. Lebih baik mengonsumsi minuman yang baik untuk kesehatan sehingga nyeri saat haid tidak datang lagi, misalnya seperti minuman jahe dan lemon hangat, teh herbal, yoghurt dan susu.

Kebanyakan wanita mengabaikan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh saat mereka sedang haid. Dengan mengonsumsi makanan yang tidak bergizi yang tidak baik untuk kesehatan dan justru akan memperburuk keadaan.

3. Mengonsumsi jamu kunyit asam

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Pada zaman nenek moyang kita terdahulu ramuan herbal ini dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri saat haid. Ya, jamu kunyit asam selain baik untuk kesehatan jamu kunyit asam juga sangat ampuh untuk meredakan nyeri saat haid.

Ramuan herbal ini bisa dibuat sendiri dirumah agar supaya tetap terjaga khasiatnya. Caranya mudah yaitu siapkan kunyit sekitar 20 gram, 600 cc air dan 15-30 gram daun dewa. Campur dan rebus semua bahan sampai airnya menyusut menjadi setengah. Lalu saring dan minum jamu tersebut yang masih hangat 2 kali sehari secara teratur.

4. Mengompres dengan air hangat

Tips ampuh untuk meredakan nyeri saat haid selanjutnya yaitu mengompres menggunakan handuk atau botol pada perut bagian bawah dengan air hangat. Menggunakan air hangat karena otot yang berada disekitar perut menjadi lebih rileks sehingga dapat meredakan nyeri saat haid.

5. Banyak minum air putih

Ketika wanita sedang mengalami menstruasi maka tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan. Untuk menjaga keseimbangan supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik maka disarankan untuk lebih banyak minum air putih.

6. Olahraga ringan

Olahraga merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kesehatan. Karena dengan berolahraga akan bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah didalam tubuh. Tidak perlu olahraga yang berat, tetapi olahraga ringan seperti melakukan peregangan tubuh secara rutin. Dengan melakukan olahraga secara rutin akan mengurangi rasa nyeri saat haid datang.

7. Obat pereda nyeri

Mengonsumsi obat pereda nyeri bisa menjadi pilihan tepat ketika sudah tidak tahan dengan rasa nyeri saat haid datang. Jangan sembarangan membeli obat pereda nyeri, namun alangkah baiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter agar disarankan mengonsumsi obat yang tepat untuk mengatasi nyeri saat haid.

Demikian penjelasan mengenai tips ampuh dengan cara alami untuk meredakan nyeri saat haid yang bisa kalian coba ketika rasa nyeri mulai menyerang. Jangan sembarangan mengonsumsi obat tanpa ada konsultasi dengan dokter. Ada banyak cara alami yang bisa dilakukan dan tentunya juga aman untuk tubuh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *