IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 27, 2022

idwarta.com – Pengamat militer menilai latihan bersama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan negara sahabat bisa meningkatkan keterampilan personel TNI.

“Bisa meningkatkan keterampilan TNI karena berlatih dengan negara lain dan jenis latihan pun bermacam-macam,” kata pengamat dari Forum Komunikasi Industri Pertahanan (Forkominhan) Marsekal Madya TNI Purn. Eris Herryanto dalam diskusi 11 Years and Counting: Assesing Indonesia-Korea Defense Cooperationyang diadakan Foreign Policy Community Indonesia di Jakarta, Selasa.

Menurut Eris, yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan periode 2010—2013, latihan bersama militer dengan negara lain adalah hal yang lazim dilakukan oleh TNI.

Latihan gabungan bersama juga bisa meningkatkan rasa percaya diri (confidence) personel TNI dalam mengoperasikan pesawat atau peralatan lain dalam sistem pertahanan.

Eris mengatakan bahwa latihan bersama militer biasanya bertujuan untuk interoperabilitas untuk menangani ancaman yang perlu penanganan bersama.

Indonesia pada bulan Agustus menggelar latihan bersama militer Super Garuda Shield 2022 bersama 13 negara, yaitu Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Papua Nugini, Korea Selatan, India, Timor Leste, Kanada, Prancis, dan Inggris.

Super Garuda Shield 2022 adalah latihan bersama TNI dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya dan kerja sama.

Latihan bersama militer juga untuk menciptakan komunikasi antarpersonel negara peserta latihan dalam sebuah operasi.

Super Garuda Shieldpada tahun ini diadakan di tiga lokasi, yaitu Pusat Latihan Tempur di Baturaja, Palembang; Pusat Latihan Tempur Marinir di Dabo Singkep, Kepulauan Riau; dan Pusat Latihan Tempur di Amborawang, Kalimantan Timur.

Latihan bersama itu berlangsung mulai 1 hingga 14 Agustus 2022 dengan melibatkan 4.337 personel dari 13 negara peserta. Indonesia pada Super Garuda Shield 2022 mengirim 3.455 personel, terdiri atas 1.995 personel Angkatan Darat, 704 personel Angkatan Laut, dan 756 personel Angkatan Udara.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”