Pantai Baron Jogja Yang Indah Memukau
Wisata

Pantai Baron Yang Memikat Dan Menyegarkan

IDWARTA.com – Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang menyegarkan tubuh dan pikiran. Salah satu pantai yang menawarkan pesona keindahan, kesegaran, dan budaya adalah Pantai Baron. Pantai ini berada di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta. Keindahan pantainya membuat banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai salah satu pantai yang wajib dikunjungi. Berikut beberapa keindahan Pantai Baron.

 

1. Keindahan Yang Menyimpan Misteri

Pantai Baron Jogja Yang Indah Memukau

Pantai Baron memiliki sejarah yang penuh misteri. Konon, nama Pantai ini diambil dari nama seorang Bangsawan Belanda bernama Baron Skeber. Dimana Baron Skeber merupakan orang sakti bahkan Panembahan Senopati Kesultanan Mataram pernah ditawan olehnya.

 

Menurut cerita, Baron Skeber melabuhkan kapalnya di sebuah teluk yang memiliki pasir coklat kehitaman dan diapit oleh dua buah bukit. Laut yang menjorok ke darat inilah pada akhirnya dinamai dengan pantai Baron.

 

Selain misteri tersebut, ada juga misteri tentang kanjeng Ratu Pantai Selatan yang konon katanya merupakan jelmaan dewi penolong di Pantai ini. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke kawasan pantai Baron, Anda dilarang untuk sombong, karena hal ini adalah hal yang paling dibenci Ratu Pantai Selatan.

 

Karena sangat percaya pada kemurahan hati dan sebagai pelindung Pantai tersebut, masyarakat sekitar setiap tanggal 1 suro (penanggalan Jawa) selalu rutin mengadakan upacara laut yang disebut Labuhan.

 

Sedekah laut ini dilakukan dengan memakai pakaian adat jawa dan menghanyutkan makanan berupa sesaji yang telah dipersiapkan sebelumnya. Setelah melakukan ritual Labuhan, maka wayang kulit dan aneka hiburan lainnya pun digelar.

 

2. Pertemuan Dua Aliran Air

Pantai ini selain sarat dengan misteri juga penuh dengan beragam keunikan. Pantai Baron memiliki dua aliran air sungai di pinggir pantai yang merupakan pertemuan antara air asin dan air tawar. Pertemuan ini menjadikan warna yang perpaduan yang berbeda dan indah yang tentunya dapat Anda nikmati.

 

Dan membuat Anda berlama-lama di sana. Air tawar yang memberikan warna agak kehijauan berpadu dengan air laut berwarna kebiruan membuat pemandangan ini sungguh sayang untuk dilewatkan.

 

3. Aktivitas Seru Lainnya di Pantai Baron

Anda dapat berjalan-jalan sepanjang garis Pantai, menikmati suasana pantai dan sekitarnya yang berpadu hijaunya pepohonan dan birunya laut. Hal ini akan menyegarkan tubuh dan pikiran Anda, selain itu bermain ombak di pantai juga merupakan pilihan yang bagus untuk liburan Anda. Menikmati aneka seafood yang tersedia di sana dan juga melihat pemandangan laut dari atas mercusuar.

 

Namun, jika Anda ingin menaiki mercusuar pastikan stamina Anda sedang sehat karena lantai ini memiliki sembilan lantai yang semakin ke atas semakin sempit.

 

Ada banyak keceriaan, keseruan, dan kesegaran yang akan Anda jumpai di pantai Baron. Pastikan Anda akan berkunjung ke sana untuk mendapatkan berbagai keseruan itu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *