IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Pemerintah Kota Jakarta Selatan menyelenggarakan pelatihan petugas Registrasi Sosial Ekonomi 2022 (Regsosek) melibatkan 370 peserta perwakilan Kecamatan Jagakarsa di Cilandak, Jakarta, Selasa.

“Pastikanhati-hati dengan data, bapak ibu kan sudah bisa memetakan wilayahnya,” kata Plt Wakil Walikota Jakarta Selatan Ali Murthadho, saat memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan.

Dia mengingatkanpeserta yang sebagian besar adalah kader dasawisma wilayah Kecamatan Jagakarsa untuk mengedepankan komunikasi dalam pengumpulan data.

‘Tentunya kedepankan senyum, sapa, salam, santun, dan ramah dalam menjalankan tugas,” ujar Ali.

Lebih lanjut Ali menekankan pentingnya bagi petugas Regsosekmemperhatikan pembukaan atau prolog saat bertemu denganresponden serta memastikan yang ditemuinya merupakan orang yang tepat.

Dia juga mengingatkan agar petugasjangan sampai terlalu akrab bercakap-cakap dengan responden sehingga mengabaikan tugas utamanya untuk mengumpulkan data.

Ke depannya para peserta akan bertugas mendata masyarakat dengan berbagai indikator seperti kependudukan, ketenagakerjaan, kondisi perumahan, pendidikan, aset hingga informasi geospasial, yang kesemuanya menggunakan gawai untuk memudahkan melakukan input data.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta Selatan Munawaroh mengatakanpendataan awal ini merupakan kegiatan super prioritas dimananantinya akan didapat basis data seluruh penduduk, profil, kondisi sosial ekonomi dan kesejahteraan.

“Tantangan yang pasti ditemui adalah penolakan. Target kita adalah 100 persen tidak adazerorespons atau no respons dari responden,” ujar Munawaroh.

Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) mulai 15 Oktober hingga 14 November 2022 yang pengolahan datanya akan mulai dilakukan pada tahun 2023.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”