IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Telah lama komputer membantu manusia dalam berbagai bidang pekerjaan lewat aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Hal ini mengingat bahwa pengertian aplikasi komputer itu sendiri yaitu perangkat lunak dalam komputer yang diciptakan agar dapat menjalankan fungsi tertentu. Beberapa diantaranya memiliki fungsi yang berbeda tergantung dari jenis aplikasinya.

Jika dulu komputer hanya digunakan di perkantoran saja untuk mengetik atau membuat tabel, maka saat ini fungsi komputer semakin luas dan merambah segala bidang. Ini tidak lepas dari peran para programmer yang membuat aplikasi ditambah dengan perkembangan teknologi yang juga cepat. Tidak heran jika banyak alat canggih tercipta berkat adanya aplikasi komputer yang hebat.

Software atau aplikasi dibuat untuk mengerjakan hal-hal yang biasa dikerjakan manusia secara manual, misalnya sistem kasir di pertokoan atau pencatatan mutasi rekening nasabah bank. Tidak hanya itu, aplikasi komputer juga dapat ditemui pada mesin setor dan tarik uang tunai (CRM) yang secara tidak langsung menggantikan peran teller untuk melayani nasabah.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pengertian aplikasi komputer dan berbagai jenisnya, maka simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian Aplikasi Komputer

Aplikasi komputer merupakan perangkat lunak yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman untuk melakukan perintah yang diinginkan oleh penggunanya. Dengan kata lain, aplikasi komputer melakukan suatu pekerjaan sesuai keinginan penggunanya.

Misalnya ketika mengedit sebuah foto, pengguna hanya memilih foto yang akan diedit kemudian menentukan hasil akhir foto, maka secara otomatis aplikasi multimedia akan melakukan tugas tersebut. Begitu pula ketika mendengarkan musik atau menonton video. Semua itu hasil kerja aplikasi komputer yang mengolah data yang ada lewat pengolah data 

Terkadang beberapa aplikasi yang dibuat oleh satu pengembang aplikasi mempunyai kesamaan interface. Untuk menghemat memori yang digunakan, aplikasi-aplikasi tersebut dibuat dalam satu paket. Hal ini disebut dengan Application Suite contohnya adalah Microsoft Office.  

Jenis Aplikasi Komputer

Dari pengertian aplikasi komputer tersebut, dapat dipahami jika ada banyak jenis aplikasi yang dapat dipasang pada komputer. Penggunaan beberapa jenis aplikasi ini tentu sangat ditentukan oleh fungsi penggunaan atau pemanfaatan komputer itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang dapat digunakan:

1. Aplikasi Web

Yuhefizar memberi batasan pengertian aplikasi komputer sebagai program yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pemakainya dalam menyelesaikan pekerjaan tertentu. Pada masa sekarang dimana internet menjadi alat untuk mendapatkan informasi secara cepat, maka keberadaan software browser tentu sangat diperlukan.

Perangkat lunak ini digunakan untuk berselancar di dunia maya, sehingga pengguna komputer dapat membuka situs atau alamat domain tertentu. Beberapa jenis aplikasi yang biasa dipasang pada komputer yaitu seperti Internet Explorer, Chrome, Safari, Mozilla Firefox, dan Opera tergolong dalam aplikasi web ini.

2. Aplikasi Perkantoran

Aplikasi ini biasanya dipasang pada komputer, serta dimanfaatkan untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Pada umumnya, sistem yang digunakan juga ada di dunia pendidikan seperti kampus atau sekolah. Beberapa diantaranya seperti Microsoft Office, Star Office, Open Office.

Seorang ahli komputer bernama Harip Santoso juga memberikan pengertian aplikasi komputer sebagai suatu kelompok file seperti form atau report yang dipakai untuk melakukan tindakan yang saling terkait. Hal ini ditemukan pada aplikasi kehadiran atau aplikasi  pembayaran gaji yang banyak diterapkan di dunia perkantoran atau perusahaan. 

3. Aplikasi Grafis

Penerapan aplikasi dalam bidang grafis mungkin menjadi hal yang banyak diketahui, sebab kebutuhan desain grafis sekarang ini telah menyentuh hampir semua bidang usaha. Pedagang kaki lima pun membutuhkan banner untuk mempromosikan jualannya, dimana hal ini dikerjakan menggunakan aplikasi grafis di tempat percetakan.

Dengan memakai aplikasi tersebut, maka bisa mengolah gambar dan mengubahnya menjadi gambar baru yang diinginkan. Beberapa aplikasi ini sangat populer, bahkan mungkin sudah biasa digunakan seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Paint, Swiss, Macromedia Flash, 3D Max, atau Dream Weaver. 

4. Aplikasi Multimedia

Ketika ingin mendengarkan lagu atau memutar video, tentunya pada komputer tersebut telah terpasang aplikasi yang mendukung untuk hal tersebut. Aplikasi untuk mendengar musik dan menonton video yaitu seperti Media Player Classic, Winamp, Jet Audio dan Gom Player.

Begitu pula ketika akan mengolah video dari hasil pengambilan gambar menjadi sebuah video klip, maka diperlukan adanya aplikasi video editing. Beberapa diantaranya adalah Adobe Premiere, Ulead Studio Video Editing, Vegas dan Pinnacle Studio Video. 

5. Aplikasi Jaringan Komputer dan Pemrograman

Telah jelas dari beberapa pengertian aplikasi komputer yang ada jika perangkat lunak ini dibuat dengan bahasa pemrograman yang dapat mengerjakan perintah pengguna melalui proses mengolah data. 

Dalam pembuatan jaringan komputer, tentu diperlukan aplikasi untuk mengatur dan membangun jaringan yang ada. Pilihan aplikasi yang bisa digunakan antara lain Netop My Class, Net Tool, Paket Tracker dan Netcut. Selain itu ada pula aplikasi pemrograman yang diciptakan untuk membuat software seperti Visual Basic atau Delphi 7. 

6. Aplikasi Games

Banyaknya software yang digunakan sebagai hiburan seperti game online dan game strategi ini menjadi dasar munculnya pengertian aplikasi komputer lain. Rachmad Hakim S pun mendefinisikannya sebagai software yang dipakai untuk keperluan tertentu, misalnya permainan atau game, mengolah file dan mengatur kerja Windows.  

Dengan empat macam aplikasi tersebut, pengguna komputer dapat memainkan berbagai jenis judul permainan. Aplikasi game dengan genre action biasanya sering update dan memerlukan spesifikasi komputer terbaru. Maka dari itu, pengguna harus memperhatikan spesifikasi perangkat yang dimilikinya.

 7. Aplikasi Kedokteran atau Medis

Penggunaan komputer di dunia kedokteran atau kesehatan berkembang dengan sangat pesat. Dokter dapat mengoptimalkan diagnosa seorang pasien menggunakan alat-alat yang memiliki software canggih. Selain itu, pembuat obat dapat meracik bahan-bahan yang diperlukan dengan tepat menggunakan aplikasi yang ada. Beberapa diantaranya yang digunakan dalam dunia medis antara lain seperti Health Calculator, Health Monitor, iCare dan ApaSakitKu.

8. Aplikasi Militer

Pemanfaatan aplikasi komputer juga digunakan dalam bidang militer untuk kepentingan pertahanan. Misalnya saja seperti aplikasi yang digunakan oleh seorang pilot untuk mengontrol pesawat tempurnya. Dengan menguasai sistem yang ada, maka seorang pilot pesawat tempur dapat mengendalikan pesawat yang dibawanya dengan maksimal. 

Dari ruang kontrol di kapal induk atau pangkalan militer pun dapat dilihat setiap pergerakan yang tertangkap radar. Bahkan berkomunikasi dengan pilot yang sedang berada di angkasa juga dapat dilakukan berkat kecanggihan sistem yang dimiliki. Tidak heran jika penggunaan aplikasi komputer dalam bidang militer ini selalu menarik perhatian, karena untuk mengetahui kemampuan pertahanan militer suatu negara.

Perkembangan teknologi komputer memang berkembang sangat pesat, sehingga semakin membantu manusia dalam pekerjaan dan aktivitas kesehariannya. Hal ini pun sudah sesuai dengan pendapat para ahli mengenai pengertian aplikasi komputer. Namun, bagai dua sisi mata uang yang selalu memunculkan dua hal berbeda dari kondisi yang sama, tentunya diperlukan sikap bijak manusia sebagai pengendali. Tujuannya adalah agar semua kemajuan tersebut memberi dampak positif dan bermanfaat.