Penyebab Facebook Kena Spam Yang Harus Anda Waspadai

  • Whatsapp
Penyebab Facebook Kena Spam

Media sosial seperti Facebook merupakan entitas yang terbilang cukup rawan terhadap aktivitas spam. Jika tidak berhati-hati maka bisa saja akun Facebook yang Anda miliki akan terkena spam. Lalu sebenarnya apa saja penyebab Facebook kena spam? Tentu ada banyak faktor yang bisa menjadi pemicu akun FB Anda terkena spam.

Inilah Beberapa Penyebab Facebook Kena Spam

Bagi Anda yang ingin mengetahui penyebab apa saja yang bisa membuat akun Facebook terkena spam, berikut adalah beberapa diantaranya :

Bacaan Lainnya

1. Sering Berkomentar Pada Grup Atau Forum Yang Tidak Jelas

Salah satu penyebab Facebook kena spam yang mungkin tidak disadari adalah karena komentar atau aktivitas di tempat yang salah. Kalau Anda sering berkomentar pada forum-forum tidak jelas, akan membuat akun Anda menjadi rawan. Terlebih kalau Anda melakukannya dengan cukup sering.

Jadi sangat disarankan untuk berinteraksi maupun melakukan aktivitas pada grup maupun forum yang memang sudah Anda percaya. Selain itu, hindari terlalu sering berkomentar yang tidak memiliki keterkaitan dengan thread atau postingan yang Anda ikuti.

Baca Juga  : Pembatasan Komentar di Facebook

2. Sering Mengunggah Konten Yang Meresahkan

Akun Facebook yang Anda miliki bisa saja dilaporkan sebagai spam oleh pengguna lain karena kontennya. Kalau Anda sering mengunggah konten yang tidak bermutu dan meresahkan satu pihak, biasanya ada orang yang tidak segan untuk melaporkan. Setelah dilaporkan sebagai spam oleh pengguna lain, maka akun FB Anda akan ditinjau oleh pihak Facebook.

Semakin banyak pengguna lain yang melaporkan akun atau postingan Anda sebagai spam, maka akan semakin besar potensinya untuk mendapat ‘hukuman’. Hukuman yang diberikan oleh pihak Facebook pun beragam. Mulai dari teguran ringan, penghapusan konten, suspend akun sementara, dan mungkin saja penguncian akun.

3. Menyebarkan Banyak  Link Yang Tidak Semestinya

Penyebab berikutnya akun FB terdeteksi spam adalah karena seringnya menyebarkan konten link yang tidak semestinya. Ketika Anda banyak memposting link tidak jelas, maka akan ada banyak pengguna yang merasa terganggu. Akibatnya, akun Anda mungkin saja dilaporkan sebagai postingan yang berisikan spam.

Maka dari itu, ada baiknya Anda cermat dan bijak jika ingin membagikan sesuatu di Facebook. Pastikan Anda mengikuti peraturan dan kebijakan komunitas yang dimiliki FB agar akun Anda tetap aman. Dan anda tidak terindikasi sebagai penyebab Facebook kena spam.

Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Spam di Akun FB.

4. Berteman Dengan Akun FB Sembarangan

Berteman dengan akun Facebook secara sembarangan juga bisa saja membuat penyebab Facebook kena spam. Sebab akun-akun sembarangan biasanya merupakan akun dummy yang digunakan oleh sejumlah kalangan untuk melakukan spamming.

Akun yang tidak jelas umumnya bisa diketahui dari beberapa indikator. Mulai dari tidak adanya kejelasan info akun, foto profil yang tidak jelas, dan bahkan juga jumlah teman yang tidak wajar. Sebaiknya hindari berteman dengan akun-akun yang demikian.

Selain itu, disarankan juga untuk berteman hanya dengan orang-orang yang memang Anda kenal. Berteman dengan orang lain yang Anda kenal secara personal tentunya akan lebih aman. Hal ini juga bisa digunakan untuk meminimalisir terjadinya spam pada akun FB yang Anda miliki. Jadi bagaimana, jika sudah tahu penyebabnya maka Anda harus tahu cara menghilangkan spam di grup facebook.

Demikianlah beberapa kemungkinan penyebab facebook kena spam yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut Anda bisa mengetahui lebih banyak mengenai spam yang ada di Facebook. Dengan demikian Anda bisa lebih cermat dan berhati-hati agar bisa terhindar dari ancaman spam yang bisa membahayakan akun Facebook yang Anda miliki. Semoga pembahasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + 14 =