Cek Penyebab Motor Terasa Oleng Agar Nyaman Berkendara

Bagaimana kriteria berkendara yang nyaman dengan menggunakan sepeda motor? Tentu jawabannya ialah saat melaju performa motor dalam keadaan stabil dan tidak terasa oleng sama sekali. Lantas, apa saja penyebab motor terasa oleng?

Pasti kalau motor terasa oleng ketika berkendara akan merasa sangat tidak nyaman, parahnya lagi penumpang yang di bonceng akan merasakan hal yang sama. Tapi, pernahkah anda mengalami motor terasa oleng saat melaju di jalan?

Baca juga :

Penyebab motor terasa oleng salah satunya seringnya berkendara di trek atau medan jalan yang rusak atau bergelombang. Selain itu beban kejut juga bisa jadi pemicu motor oleng.

Permasalahan sepeda motor oleng ini, jangan di anggap remeh bisa berakibat fatal bila di biarkan secara terus menerus. Apalagi juga saat kondisi motor alami selip.

Sehingga membuat beberapa macam komponen motor juga ikut bermasalah. Yang jelas ada kaitannya dengan roda motor. Masalah yang kerap di hadapi sejuta umat ini, alangkah baiknya di perbaiki dan berikut solusi cara mengatasi sepeda motor terasa oleng secara benar dan tepat.

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Terasa Oleng

Komponen Velg Motor Tidak Presisi, Penyebab Motor Terasa Oleng

1. Komponen Velg Tidak Presisi

Salah satu yang paling umum terjadinya motor menjadi oleng adalah komponen velg yang bermasalah. Hal ini akibat velg motor tidak dalam kondisi presisi sebagai mana semestinya. Maka cara mendeteksi velg motor peyok ini dengan cara dekatkan dengan sebatang besi atau benda sejenisnya.

Terlebih dahulu lepas ban luar dan ban dalam motor. Kemudian letakkan velg pada jagrak roda yang sudah di beri as, setelah itu coba putar velg ke depan atau kebelakang dan perhatikan apakah menyentuh batang besi yang sudah dipersiapkan tadi.

Apabila menyentuh ini berarti velg motor bermasalah alias peyok yang berimbas pada kondisi motor terasa oleng.

Cara mengatasi velg motor peyok atau tidak presisi, yaitu dengan membawanya ke bengkel setel velg motor. Nanti akan di perbaiki kembali seperti semula presisi lagi. Untuk harga biasanya ongkos satu velg di hargai Rp 40.000,-

2. Komponen Laher Roda Rusak

Selain komponen velg tidak presisi, ada juga permasalah penyebab motor terasa oleng yaitu kondisi laher roda sudah rusak alias kocak. Di ketahui laher roda pada umumnya disebut dengan laker roda.

Kondisi paling umum terjadi bila terjadi kerusakan yaitu saat di gerakkan roda  ke kiri atau kanan dan arah depan maupun ke belakang terasa bergoyang serta mengeluarkan bunyi “kreg kreg”.

Indikasi ini menandakan sumber keolengan motor terjadi pada laher roda.

Cara mengatasi laher atau laker roda cukup dengan di ganti dengan yang baru, sudah tersedia di toko aksesoris sepeda motor. Untuk harga laker roda cukup terjangkau yaitu Rp 30.000,-

Setelah di ganti laher yang baru, pasti penyebab motor terasa oleng akan hilang, serta membuat anda merasa nyaman mengendarai sepeda motor.

3. Komponen Ban Tidak Presisi dan Rusak

Dan yang terakhir penyebab motor terasa oleng yaitu kondisi ban yang sudah tak sewajarnya. Bayangkan saja bila ban motor sudah tidak presisi dan ada yang robek atau bolong sedikit ini bisa menimbulkan oleng saat dikendarai.

Bahkan keausan ban sepeda motor yang tidak merata membuat perjalanan kurang nyaman.

Cara mengatasi ban motor tidak presisi, cukup dengan kempiskan ban terlebih dahulu kemudian pasang kembali dengan posisi yang presisi.

Apabila ban sudah aus alias tipis bahkan sampai ada yang robek pada ban luar sepeda motor, cara mengatasinya cukup ganti ban luar dengan yang baru. Untuk harga ban luar baru sekitar Rp 125.000,- hingga Rp 450.000,- tergantung merk dan model buritan ban luar motor.

Akhir Kata

Itulah 3 komponen penyebab motor terasa oleng lengkap dengan cara mengatasinya. Jangan lupa selalu melakukan perawatan secara berkala pada sepeda motor kesayangan agar performa motor lebih stabil dan nyaman ketika di kendarai.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *