Tips

Perhatikan Pembayaran dan Iuran yang Harus Dibayarkan di Apartemen Bassura Sebelum Pindah

IDWARTA.com – Pindah ke rumah atau hunian baru impian menjadi tujuan banyak orang. Apalagi jika hunian tersebut milik sendiri di usia kamu yang masih muda. Rasanya dunia sudah dalam genggaman. Apartemen Bassura dapat menjadi pilihan kamu yang tepat untuk mewujudkan impian tersebut.

Namun, sering kali ketika sudah pindah banyak masalah terjadi. Khususnya tentang iuran dan pembayaran. Sesuatu yang bikin kamu menyesal untuk pindah. Apalagi di hari-hari pertama di mana kamu dan keluarga masih harus beradaptasi dengan tempat yang baru. Ih.. Bikin frustasi deh!

Ketahui Pembayaran dan Iuran di Apartemen Bassura

Untuk menghindari hal di atas, sebaiknya memang sebelum pindah kamu mengetahui apa saja yang harus dibayarkan. Bukan hanya iuran di komplek baru tetapi juga kewajiban yang berkaitan dengan jual beli rumah. Wah, jangan-jangan banyak ya?

Apartemen Bassura

 

Ini dia deretan kewajiban yang harus kamu bayar ketika menghuni Apartemen Bassura!

 

1. Pajak

Sebenarnya, setiap kamu membeli barang terkena pajak. Namun, biasanya tidak terasa karena nominalnya kecil. Namun, ketika membeli rumah baik jenis rumah bertingkat atau rumah tapak ada pajak tersendiri. Uniknya, pajak ini beberapa di antaranya harus dibayarkan setiap tahun.  Wah, apa saja sih?

  • PBB

PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan mungkin pajak yang paling kamu kenal. Pajak ini biasanya dikenakan pada properti, baik tanah maupun tanah dan bangunan yang sudah berdiri.

Besaran pajak berbeda-beda sesuai dengan lokasi dan luas tanah dan bentuk bangunan, serta manfaatnya. Secara umum dapat disebut sebagai persentase dari nilai jual sebenarnya. Semakin tinggi perkiraan nilai properti kamu, maka PBB yang dibayarkan semakin mahal.

PBB ini dibayarkan sesuai aturan UU Nomor 12 tahun 1985, pasal 6  UU Nomor 12 Tahun 1994 tentang pajak dan PP nomor 25 Tahun 2002.

  • PPH

Pajak penghasilan atau PPH tidak dikenakan pada semua hunian. PPh ini hanya berlaku pada pribadi atau badan dari pengalihan atas tanah dan bangunan yang jumlahnya lebih dari 60 juta rupiah.
PBB dibayarkan setiap tahun. Sementara, PPh biasanya dibayarkan hanya ketika kamu membeli properti atau menggunakannya untuk aktivitas bisnis.

PPh dibayarkan berdasarkan PP Nomor 48 tahun 1994 yang besarnya 5 persen dari bruto atau penghasilan kotor atas bangunan properti.

  • PPN

PPN singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai. Pajak ini biasanya dibayarkan ketika kamu membayar DP atau melunasi pembayaran Apartemen Bassura. Pajak berlaku baik kepada pembeli dan penjual dengan persentase tertentu dari harga yang disepakati.

Pembayarannya hanya satu kali ketika terjadi transaksi berdasarkan nilai properti sebenarnya. Namun, jika jumlah belum mencapai minimal, NJOP menjadi acuan.

  • PPnBM

PPnBM akan dikenai ketika kamu membeli apartemen. Yes, PPnBM adalah singkatan dari Pajak Pembelian Barang Mewah dan apartemen serta kondominium dikategorikan barang mewah tersebut. Biasanya dikenakan ketika kamu membeli properti kepada developer. Sedangkan jika membeli kepada perorangan tidak termasuk kategori ini.

Pembayaran PPnBM besarnya adalah 20 persen. Hal ini sesuai dengan PP Nomor 6 tahun 2003.

2. Iuran Bulanan

Selain kewajiban atas pajak, kamu juga harus membayar iuran bulanan. Iuran yang sebenarnya ada juga pada kompleks rumah tapak atau rumah di perkampungan.

Iuran bulanan merupakan biaya pengelolaan keamanan, sampah, dan instalasi listrik, air, dan pendingin ruangan. Di apartemen, iuran ini termasuk biaya pemeliharaan fasilitas gedung yang dimiliki.

Beberapa apartemen bahkan memisahkan antara iuran pengelolaan dan biaya parkir.

Kamu jangan khawatir, di Apartemen Bassura tidak akan terjadi seperti itu. Besaran iuran bulanan ini sangat terjangkau kok! Sebanding dengan fasilitas yang didapatkan. So, buktikan sendiri kenyamanan tinggal di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *