IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Akhir-akhir ini platform investasi reksadana semakin banyak penggemarnya. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat akan investasi semakin meningkat. Investasi reksadana merupakan pilihan paling banyak yang dipilih oleh para investor pemula hingga investor senior. Kelebihan dari investasi reksadana adalah cara penggunaannya yang cukup mudah serta praktis. Hal ini didukung oleh fungsi investasi reksadana yang mudah digunakan.

Cara melakukan investasi reksadana pada saat ini sudah semakin maju daripada 10 tahun yang lalu ketika calon investor harus datang ke bank terlebih dahulu maupun datang ke gerai suatu perusahaan manajemen aset untuk melakukan transaksi unit dari reksadana.

10 Rekomendasi Platform Investasi Reksadana Bagi Pemula

Pada tahun 2022 kini, Anda dan para calon investor lainnya tinggal mengunduh aplikasi atau investasi reksadana dan mengisi formulir secara online. Cepat dan praktis banget! Di bawah ini daftar 10 aplikasi atau investasi reksadana bagi pemula 2022 yang dapat Anda unduh!

1. Bibit

Rekomendasi platform investasi reksadana pertama adalah Bibit. Perusahaan Bibit mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2018. Akan tetapi, kemunculan Bibit dapat menarik perhatian para investor.

Keunggulan dari Bibit yaitu branding yang menarik perhatian, memberi kemudahan kepada investor pemula dalam membeli produk sehingga investasi reksadana ini digunakan oleh banyak orang. Fitur unggulan lainnya adalah robo advisor yang dapat membantu dalam memilihkan reksa dana. Prinsip yang digunakan oleh Bibit adalah Modern Portfolio Theory untuk mengelola suatu portofolio investasi. 

2. Ajaib

Rekomendasi tempat investasi reksadana kedua adalah Ajaib. Tempat investasi reksadana pernah booming pada awal tahun 2021 karena menampilkan aktor drama Korea, yaitu Kim Seonho di baliho iklan Ajaib. Trik marketing ini bekerja dengan baik dan cara kerjanya tidak berbeda jauh dengan investasi reksadana yang lain. Para investor pemula dapat langsung mendapatkan rekomendasi produk saham yang ingin dibeli. Akan tetapi sebelum itu, calon investor harus menjawab 6 pertanyaan penting. 

3. Bareksa 

Rekomendasi tempat investasi reksadana ketiga adalah Bareksa. Bareksa termasuk platform investasi reksasdana yang terkenal sejak tahun 2013. Anda bebas memilih reksadana yang Anda inginkan dan butuhkan karena Bareksa menyediakan berbagai macam produk.

Anda dapat melakukan transaksi pembelian serta penjualan produk reksadana dengan cara online melalui smartphone Anda masing-masing. Sangat mudah bukan? Anda tidak perlu lagi datang ke bank atau tempat lainnya jika ingin berinvestasi. Pilihan pembayaran maupun top-up pada investasi reksadana ini dapat dilakukan melalui OVO serta Link Aja. Pilihlah yang Anda suka!

4. Tanamduit

Rekomendasi platform investasi reksadana keempat adalah Tanamduit. Tanamduit mempunyai target pasar yaitu para pemuda yang baru memulai untuk berinvestasi. Fitur yang dimiliki Tanamduit bukan hanya sebagai investasi reksadana, tetapi juga ada fitur untuk investasi surat berharga negara (SBN), emas batangan, hingga asuransi.

Sangat bermanfaat bukan? Kelebihan lainnya yang dimiliki investasi reksadana ini adalah Anda dapat memantau portofolio investasi yang Anda dimiliki dengan fitur ‘One View Portfolio.’ Anda dapat membandingkan tiga produk reksadana dalam satu waktu untuk melihat performanya sebelum Anda membelinya. Anda tidak perlu khawatir jika belum mengerti tentang reksadana karena Tanamduit menyediakan fitur edukasi serta tutorial untuk bertransaksi!

5. IPOT 

Rekomendasi platform investasi reksadana kelima adalah IPOT. Platform investasi reksadana ini lebih dikenal sebagai aplikasi untuk melakukan saham. Akan tetapi, IPOT juga memiliki fitur investasi reksadana yang tidak kalah menarik.

IPOT memberi pilihan untuk investasi reksadana dengan IPOTFund. Cara kerjanya seperti platform investasi reksadana pada umumnya yaitu marketplace dari produk reksadana. Para investor pemula dapat menggunakan fitur fund evaluator sebagai pembantu dalam memilih produk reksadana pertama mereka sehingga Anda tidak perlu bingung lagi deh! Cobain IPOT yuk.

6. Invisee

Rekomendasi platform investasi reksadana keenam adalah Invisee. Platform investasi reksadana dapat membantu Anda dalam membeli produk reksadana mulai dari 10 ribu rupiah! Fitur pengingat dapat membantu Anda dalam mengatur jadwal investasi sesuai kondisi finansial Anda masing-masing. Contohnya Anda mengatur pengingat tanggal 5 pada setiap bulan untuk membayar reksadana, maka Invisee akan mengingatkannya melalui email.

7. Raiz

Rekomendasi platform investasi reksadana ketujuh adalah Raiz. Raiz memiliki slogan yang terkenal, yaitu ‘Dengan Raiz, investasi jadi sederhana dan terjangkau.’ Hal ini benar adanya karena platform investasi reksadana ini dapat digunakan dengan modal 10 ribu rupiah. Pembayaran yang disediakan cukup banyak, yaitu Dana, Link Aja, Gopay, dan ShopeePay. Pilihan portofolio bagi para investor ada lima, yaitu konservatif (pasar uang), moderat (pendapatan tetap), agresif (indeks saham LQ45), amanah (pasar uang syariah), dan sukuk (obligasi syariah).

8. POEMS ID

Rekomendasi platform investasi reksadana kedelapan adalah POEMS ID. Platform investasi reksadana ini diluncurkan oleh Phillip Sekuritas yang merupakan sekuritas top Indonesia. POEMS ID menyediakan investasi reksadana serta saham. Ini merupakan kelebihan dari platform investasi reksadana ini karena menyediakan kedua fitur sekaligus. 

Sangat menguntungkan! POEMS ID menyedikaan lebih dari 100 produk reksadana sehingga Anda tidak perlu bingung dan Anda dapat mulai investasi dari 50 ribu rupiah serta melakukan pemantauan terhadap pertumbuhan reksadana Anda secara real-time. 

Fitur menarik dari platform investasi reksadana ini adalah SmartStart yang dapat memberi rekomendasi produk reksadana bagi Anda yang masih pemula. Hal ini disesuaikan dengan profil risiko Anda termasuk ke dalam konservatif, moderat, maupun agresif. 

9. Tokopedia

Rekomendasi platform investasi reksadana kesembilan adalah Tokopedia. Tokopedia dan Bareksa bekerja sama sebagai agen penjualan dari produk reksadana. Oleh karena itu, jika Anda mempunya akun di Tokopedia, maka Anda dapat langsung membeli reksadana dengan cara mendaftar di Tokopedia Reksadana Online. 

Platform investasi reksadana ini mengklaim memiliki kecepatan dalam mencairkan dana investasi hanya dalam hitungan menit sedangkan di aplikasi lainnya, pencairan dana investasi membutuhkan waktu berhari-hari.

10. Bukalapak (Bukareksa)

Rekomendasi platform investasi reksadana kesepuluh adalah Bukalapak (Bukareksa). Bukalapak juga mengikuti jejak marketplace lainnya dalam menyediakan fitur reksadana. Produk-produk reksadana yang ditawarkan di Bukalapak atau Bukareksa berasal dari platform investasi reksadana Bareksa serta Tanamduit. Anda dapat memulai investasi mulai dari 10 ribu rupiah lho! Fitur lainnya yaitu Bukareksa menawarkan pilihan untuk pencairan secara instan. 

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai 10 aplikasi atau platform investasi reksadana bagi pemula 2022. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan perhatikan setiap kelebihan serta kekurangan yang dimiliki masing-masing platform investasi reksadana di atas. Anda dapat mulai investasi hanya bermodalkan 10 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Anda juga tidak perlu khawatir sebagai investor pemula karena banyak aplikasi yang menyediakan fitur untuk Anda belajar terlebih dahulu. Segera lakukan investasi sejak muda agar tidak menyesal di hari tua!