IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 2, 2022

Handphone tentunya seperti menjadi sebuah barang wajib yang harus selalu dibawa. Namun beberapa orang pasti pernah mengalami kehilangan handphone, baik itu karena dicuri atau lupa dimana meletakannya. Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, maka tidak perlu panik karena aplikasi pelacak hp tanpa GPS ini dapat Anda gunakan untuk menemukan kembali handphone Anda.

Tentu akan sangat menyebalkan bukan apabila handphone Anda hilang. Namun dengan bantuan dari aplikasi-aplikasi ini maka masih ada kemungkinan handphone Anda yang hilang masih dapat ditemukan kembali. Penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut cukup mudah karena beberapa hanya memerlukan nomor telepon atau tidak membutuhkan GPS untuk melacak posisi handphone Anda.

Aplikasi Pelacak HP tanpa GPS yang Dapat Anda Gunakan

Saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi pelacak hp tanpa GPS yang dapat Anda gunakan. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasinya:

1. HLR Look Up

Aplikasi pelacak hp tanpa GPS pertama yang dapat Anda gunakan untuk melacak nomor telepon adalah HLR Lookup. Aplikasi ini adalah satu dari beberapa aplikasi yang cukup populer dikalangan pengguna Android terutama di Indonesia. HLR Look Up ini dapat mendeteksi lokasi seseorang hanya dengan berdasarkan nomor teleponnya.

Basis data yang dipakai untuk mengakomodasi jaringan operator seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan juga layanan saluran berbasis kode area. Untuk melacak nomor telepon, Anda dapat menginput nomor telepon atau memasukkan kontak pada daftar kontak di smartphone. Apabila sudah maka aplikasi HLR Lookup akan melakukan searching location yang akan terdapat dalam bentuk peta.

Anda dapat memperkirakan siapa orang yang menelepon Anda di lokasi tersebut. Dengan adanya fitur pendeteksi lokasi ini, Anda juga dapat mengetahui keberadaan smartphone Anda apabila  hilang, dicuri atau tertinggal ketika beraktivitas.

2. Gmail

Tentunya Anda pasti sudah familiar dengan Gmail ini karena sering digunakan untuk mengirim surel ataupun log in aplikasi. Walaupun begitu Gmail ini ternyata juga dapat digunakan untuk melacak keberadaan handphone Anda.

Untuk Anda user Gmail, untuk dapat melacak nomor hp dengan internet tentunya cukup mudah karena tidak perlu mengunduh aplikasi. Berikut adalah caranya:

  • Buka terlebih dahulu Gmail untuk melacak no hp dengan komputer pc atau browser.
  • Log in dengan meggunakan alamat email yang terdapat pada ponsel tujuan.
  • Tekan ikon titik 9 pada pojok kanan atas layar.
  • Plihlah menu akun Google, kemudian klik opsi “Buka Aktivitas Saya”.
  • Klik menu strip 3 yang terdapat pada pojok kiri layar.
  • Kemudian Pilih Kontrol Aktivitas lalu pilih menu Kelola Aktivitas.
  • Google akan memperlihatkan aktivitas terbaru dari ponsel, termasuk Maps.
  • tekan penelusuran Maps kemudian pilih ikon titik tiga yang terdapat pada bagian pojok kanan atas
  • Anda dapat melihat detail aktivitas, dan perkiraan lokasi dari perangkat akan muncul.

Cara melacak nomor hp dengan menggunakan Gmail ini hanya memerlukan koneksi internet saja dan tidak memerlukan aktifasi GPS, selain itu aplikasi gmail ini juga bisa Anda pakai  untuk melihat hasil penelusuran dari akun seseorang.

3. Life360: Family Locator

Aplikasi yang dapat digunakan untuk memukan lokasi HP Android yang hilang atau dicuri berikutnya adalah aplikasi Life360: Family. Aplikasi pelacak hp tanpa GPS yang satu ini  tentunya dapat menampilkan serta mengetahui posisi handphone yang dicuri walau tanpa menggunakan GPS.

Oleh karena itu Anda dapat menemukan kembali handphone Anda tanpa ribet dan tidak perlu repot dalam pemakaiannya. Life360: Family Locator & GPS Tracker ini dibuat agar dapat digunakan semudah mungkin untuk dapat Anda pakai serta melakukan tracking pada lokasi handphone Anda.

Baca Juga: Melacak Lokasi Pemilik Nomor Hp

4. Google Find My Device

Google Find My Device ini mempunyai tiga fitur bawaan yang dapat membantu Anda untuk melakukan tracking ponsel Anda yang hilang. Fitur pertama dari aplikasi ini adalah “Locate your phone”. Fitur tersebut dapat memberikan lokasi dari keberadaan handphone Anda, dengan begitu Anda dapat langsung mengunjungi lokasi yang sudah dideteksi oleh Google Find My Device.

Fitur kedua adalah ”Play a sound” yang berarti aplikasi Google Find My Device dapat memberikan sebuah kode suara saat posisi Anda telah berada sudah dekat dengan lokasi handphone Anda yang hilang.

Untuk fitur terakhir atau ketiga ini sebenarnya adalah tambahan aplikasi untuk keamanan handphone Anda. Dengan adanya fitur erase and lock maka para pemakai aplikasi Google Find My Device bisa mengunci data – data pribadi serta menghapus history chat. Aplikasi pelacak hp tanpa GPS ini cukup praktis, serta mudah digunakan dan aman.

3. Find My Phone

Find My Phone juga adalah aplikasi pelacak hp tanpa GPS yang dapat membantu Anda dalam melacak keberadaan handphone karena aplikasi ini dapat memberikan secara langsung lokasi dari handphone Anda secara real-time.

Tidak cuma sekedar mendapatkan informasi mengenai lokasi saja, bahkan aplikasi yang satu ini juga dapat memberikan history mengenai kemana saja handphone Anda dibawa. Dengan begitu, Anda tidak cuman bisa melacak lokasi terakhir saja, tetapi juga bisa mengetahui lokasi – lokasi terakhir dari handphone Anda. Cukup membantu bukan?

4. Phone Tracker by Number

Untuk aplikasi pelacak handphone hilang yang satu ini hanya memerlukan registrasi dari nomor handphone saja. Phone Tracker by Number dapat melakukan tracking pada handphone yang hilang dengan menggunakan nomor handphone yang telah teregistrasi pada aplikasi. Selain itu Phone Tracker by Number juga dapat menggunakan GPS agar semakin memudahkan dalam pencarian.

Para pemakai aplikasi Phone Tracker By Number juga akan selalu dapat notification mengenai lokasi terkini pada handphone yang hilang. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur history untuk menunjang pencarian handphone. Dengan begitu Anda dapat mengetahui kemana saja handphone Anda dibawa oleh pencuri

Baca Juga: Melacak Hp Hilang Dengan Whatsapp

5. Where My Droid

Aplikasi pelacak hp tanpa GPS untuk mencari handphone yang hilang terakhir adalah aplikasi Where My Droid. Aplikasi ini khusus bisa digunakan untuk Anda yang menggunakan smartphone android. Dengan aplikasi ini Anda tidak hanya dapat melacak keberadaan handphone Anda saja, namun juga dapat membuat handphone Anda yang hilang mengeluarkan suara dan getaran sesuai perintah.

Untuk dapat menikmati fitur lengkapnya, Anda dapat membayar versi lengkapnya. Fitur dari versi pro nya diantaranya: erase my data, lock, pengendalian kamera, dan lainnya.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi pelacak hp tanpa GPS yang dapat Anda gunakan. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu Anda dalam melakukan tracking lokasi dari handphone Anda yang hilang ataupun dicuri.