IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 3, 2023

idwarta.com – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menerima pasien rujukan gangguan ginjal akut (acute kidney injury/AKI) misterius mencapai 49 kasus sejak Januari 2022 hingga Kamis (20/10/2022).

Direktur Utama RSCM dr Lies Dina Liastuti mengatakan, tingkat kematian pasien rujukan itu lebih tinggi dari 50 persen.

Sementara itu, jumlah balita yang sembuh setelah mendapat perawatan sebanyak 7 orang.

“Angka kematiannya 63 persen dari 49 orang. Lebih dari 50 persen. Jadi yang pulang atau yang hidup cuma 7 orang. Sekarang yang (dirawat) di RS ada 11 (orang),” kata Lies dalam konferensi pers di RSCM, Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Lies mengungkapkan, RSCM sudah menerima pasien rujukan gangguan ginjal akut misterius ini sejak Januari 2022. Namun, kasus tersebut baru meningkat pada Agustus 2022.

Rinciannya, sebanyak 2 kasus pada Januari, 1 kasus pada Maret, 3 kasus pada bulan Mei, 2 kasus di bulan Juni, 1 kasus di bulan Juli, 8 kasus di bulan Agustus, 20 kasus pada September, dan 12 kasus pada Oktober 2022.

Saat ini, jumlah pasien anak-anak yang dirawat di RSCM mencapai 11 orang.

“Yang dirawat ada 11 (orang), 10 di PICU (Pediatric Intensive Care Unit), dan yang di IGD ada 1 (orang). Mohon doanya,” ucap Lies.

Lebih lanjut Lies menjelaskan, pihaknya segera melapor ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sejak penyakit itu menyebar dan belum ditemukan penyebabnya.

Adapun dari 49 anak-anak yang dirawat di RSCM, pasien didominasi oleh balita dengan umur paling muda sekitar 8 bulan dan paling tua berusia 8 tahun.

“Ada yang 9 bulan, ada yang satu tahun sekian. Menurut cerita orang tua mereka, mereka sebenarnya enggak ada apa-apa, tidak ada penyakit bawaan. Tapi rata-rata demam lalu ada gejala diare, pilek, (infeksi) saluran pernapasan,” jelas Lies.

Sebagai informasi, Kemenkes mencatat jumlah penderita gangguan ginjal akut misterius mencapai 206 kasus yang tersebar di 20 provinsi di Indonesia hingga Selasa (18/10/2022).

Sebanyak 99 di antaranya meninggal dunia. Mayoritas pasien yang meninggal adalah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), mengingat RSCM adalah rumah sakit rujukan yang notabene menerima pasien tingkat lanjut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”