IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 27, 2022

idwarta.com – Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memastikan seluruh guru di wilayah itu menggunakan aplikasi “belajar.id” untuk mendidik siswa dengan materi secara daring.

“Ketika pemerintah menyediakan aplikasi baru kita akan ikuti, dan kita senang dengan teman-teman guru di wilayah memiliki kreativitas tinggi,” kata Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat II, Junaedi di Jakarta, Senin.

Menurut Junaedi, aplikasi belajar.id mendorong para tenaga pendidik untuk lebih kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran kepada murid.

Selain itu, guru juga dituntut untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi sehingga tidak terkendala saat belajar secara daring.

“Dibutuhkan kreativitas pendidikan dan pada akhirnya kreativitas pendidikan bisa mengimbas ke peserta didik,” ujar Junaedi.

Dampaknya, lanjut Junaedi, materi yang disampaikan secara daring pun lebih efektif diterima oleh para murid.

Dengan demikian, pembelajaran dengan cara daring ini pun patut untuk dilanjutkan walaupun saat ini DKI Jakarta sudah hampir melewati massa pandemi.

Walau demikian, Junaedi mengaku ada beberapa pelajaran yang lebih efektif disampaikan dengan tatap muka. Beberapa mata pelajaran tersebut berkaitan dengan kegiatan praktek.

Namun demikian, Junaedimeyakini para guru dan murid perlahan akan terbiasa dengan sistem pembelajaran secara daring, terlebih untuk penyampaian materi yang berkaitan dengan praktek.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan aplikasi belajar.id untuk memudahkan siswa dan guru dari berbagai satuan pendidikan dalam mengakses kebutuhan belajar-mengajar.

Dalam akun ini, guru dan murid bisa mengakses beberapa aplikasi untuk membantu kegiatan belajar mengajar seperti Google Classroom, Google Meet, Google Drive, dan masih banyak lagi. Sehingga memungkinkan adanya kolaborasi dalam belajar.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”