Penyebab Sepeda Motor Alami Selip Kopling
Otomotif

Sepeda Motor Alami Selip Kopling, Mungkin Karena….

IDWARTA.com – Di Indonesia populasi sepeda motor matik lebih banyak daripada motor manual meliputi motor bebek dan motor sport. Hal ini dikarenakan pengoperasian sepeda motor matik lebih mudah hanya tinggal tarik gas dan turunkan gas, untuk melajukan kendaraan roda dua tersebut, selain itu tampilan yang cukup simple namun bergaya khas modern masa kini. Dibalik itu ternyata populasi motor manual juga masih ada. Ini artinya tetap ada fans motor transmisi manual di Tanah Air.

Meski sama merupakan kendaraan roda dua, ternyata di masing-masing jenis motor ada problematika atau masalah motor yang biasanya di hadapi oleh pemilik sepeda motor. Terutama di bagian kopling sepeda motor. Banyak kendala mengenai kopling mengeras dan selip kopling. Sebenarnya, apa sih penyebab utama sepeda motor alami selip kopling? Yuk simak ulasan di bawah ini.

 

Penyebab Sepeda Motor Alami Selip Kopling

Diketahui kopling yang mengeras dan terjadinya selip kopling pada motor ini penyebabnya adalah dibagian transmisi yang tidak bisa bekerja secara maksimal. Kendala ini cukup terasa pada motor manual yaitu adanya jeda saat proses pemindahan gigi percepatan satu ke berikutnya atau sebaliknya. Kasus ini menandakan bahwa gir motor anda sudah mengalami pengerasan sehingga terjadi selip kopling. Kondisi ini biasanya pada bagian kampas kopling motor yang sudah aus atau habis karena gesekan  dengan pelat secara berkelanjutan.

“Penyebab kampas kopling habis, karena gesekan pada pelat menjadi tipis atau bisa jadi setelan kopling terlalu jauh sehingga menahan kopling secara terus menerus. Untuk masalah gir motor jarang sekali terjadi masalah. Penyebab lain salah satunya oli mesin jarang diganti atau tidak sesuai dengan spesifikasi mesin”, ujar mekanik sebuah bengkel Hadi Motor, Andri.

Kalau kita membahas habisnya kampas kopling, tentu kopling manual pasti kampasnya cenderung lebih cepat habis atau aus daripada tipe kopling otomatis pada motor skutik. Pada kondisi normal keausan kampas kopling terjadi setiap 20ribu kilometer. Maka tak heran akan terasa gejala kampas kopling aus sehingga akselerasi awal terasa ada selip kopling saat tuas kopling dilepas.

Harga Kampas Kopling Sepeda Motor

Dengan begitu alangkah baiknya segera mengganti kampas kopling dengan yang baru, sudah tersedia di toko aksesoris motor. Serta harga kampas kopling relatif tergantung kualitas yang anda cari, mulai dari harga 100 ribu hingga 300 ribuan. Namun jika anda tetap masih menunggu alias tidak segera diganti dengan part kampas kopling baru, akan berakibat fatal nanti komponen lain akan ikut aus. Ini bisa membuat biaya service sepeda motor manual menjadi lebih mahal.

Kesimpulan

Sepeda motor alami selip kopling, penyebabnya karena kampas kopling sudah aus dan perlu diganti. Meski pada dasarnya selip kopling tidak begitu berdampak fatal ketika berkendara, karena tetap bisa dikemudikan seperti biasanya namun akan terasa ada jeda saat perpindahan gigi percepatan. Jelas kondisi itu cukup mengganggu bagi pengendara perjalanan jarak jauh yang cukup agresif dalam berkendara, sebab tarikan motor menjadi tidak responsif. Jangan lupa selalu merawat sepeda motor secara berkala sebagai tunggangan kita dalam aktifitas berkendara. Agar sepeda motor selalu dalam keadaan prima saat dipakai. Baca juga Cek Yuk, Harga Cat Krom Komponen Motor dan Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *