IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Selama September, 4 perusahaan teknologi mengumumkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan. Terbaru adalah Carsome yang mengonfirmasi memangkas jumlah pekerjanya.

Selain itu ada Shopee, yang melakukan PHK pada karyawan di sejumlah negara operasional. Perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison dan Tokocrypto juga melakukan hal serupa.

Berikut rangkuman PHK pada 4 perusahaan tersebut, dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Senin (3/10/2022):

Carsome mengonfirmasi rumor melakukan pengurangan karyawan. Platform e-commerce mobil bekasi itu mengindikasikan sedang melalui “optimasi tenaga kerja” dan tim eksekutifnya tidak ambil gaji selama sisa tahun 2022.

Startup pertama Malaysia yang berhasil menjadi unicorn itu mengatakan akan berfokus pada peningkatan produktivitas di seluruh bisnis. Caranya dengan menyelaraskan sumber daya dengan kontribusi ke bottom line, serta membuat manajemen kinerja yang lebih ketat.

PHK ini terjadi setelah Carsome mengumpulkan US$290 juta pada pendanaan seri E awal tahun ini. Selain itu juga mengumumkan perluasan kantor pusat regionalnya di Malaysia beberapa waktu lalu.

Shopee Indonesia juga mengumumkan memangkas jumlah pekerjanya. Tidak disebutkan jumlah karyawan yang terdampak, namun berdasarkan informasi yang didapatkan CNBC Indonesia sebanyak 3% dari 6.232 orang.

Selain Indonesia, Shopee Thailand juga melakukan kebijakan yang sama. Sekitar 10% karyawan yang terdampak dan menurut laporan The Thaiger ada 100 karyawan dirumahkan. Sebelumnya 300 orang di ShopeFood dan ShopeePay Thailand juga mengalami nasib serupa.

Shopee juga melakukan PHK pada karyawannya di Taiwan dan Fillipina. Di Taiwan, pihak perusahaan mengatakan keputusan itu bagian dari upaya untuk “mengoptimalkan efisiensi operasional” dan mencapai “self-sufficiency” namun menolak menyebut jumlah pegawai yang terdampak. Sementara itu Inquirer melaporkan, Shopee Fillipina merumahkan kurang dari 10% jumlah pegawainya.

Belum lama ini IOH juga memangkas jumlah pegawai. Perusahaan tak menyebut berapa jumlah karyawan yang terdampak, tetapi dalam keterangan tertulis, Jumat (23/9/2022), 95% karyawan terdampak menerima tawaran perusahaan.

Perusahaan memberikan paket kompensasi untuk mereka yang dirumahkan, dari rata-rata 37 kali hinga maksimal 75 kali upah.

Tokocrypto memberhentikan 20% dari jumlah karyawannya 227 karyawan. PHK itu dilakukan karena mempertimbangkan perubahan fokus bisnis perusahaan.

“Langkah internal yang diambil adalah mentransfer beberapa karyawan kepada bisnis unit yang telah menjadi entitas berbeda yaitu T-Hub dan TokoMall, penyesuaian jumlah karyawan sekitar 20% dari 227 karyawan dengan pertimbangan perubahan fokus bisnis,” kata Rieka dalam keterangan tertulis.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”