IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 27, 2022

idwarta.com – Sebelumnya, perlu diketahui bahwa hukum bersholawat adalah sunah muakad di mana bagi yang mengamalkannya bisa mendapat pahala juga menjadi tenang jiwanya.

Sementara itu, dari berbagai sumber diketahui bahwa sholawat dapat dibagi menjadi 3 yaitu Sholawat Ma’tsuroh, Shalawat Nariyah dan Sholawat Fatih. Lalu bagaimana dengan sholawat untuk Maulid Nabi?

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al Ahzab 56)

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad juga menjelaskan anjuran untuk membaca sholawat nabi. Berikut terjemahan hadisnya:

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya.” (HR Imam Ahmad).

Sholawat untuk Maulid Nabi

“Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaKa Hamidum Majid. Allahumma barik (dalam satu riwayat, wa barik, tanpa Allahumma) ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaKa Hamiidum Majid.”

Artinya:

“Ya, Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya, Allah. Berilah berkah (tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.” [HR Bukhari, Muslim, dan lainnya. Terdapat dalam Shifat Shalat Nabi, hlm. 165-166, karya Al Albani, Maktabah Al Ma’arif].

Meski begitu, masi ada bacaan sholawat nabi pendek yang bisa kita amalkan ketika Maulid Nabi. Berikut bacaan latinnya beserta arti dalam Bahasa Indonesia.

Allahumma shollii wa sallim ‘alaa nabiyyinaa Muhammad.” Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad.” (HR. At-Thabrani)

Allahumma shollii alaa muhammad wa’ala ali muhammad.” Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah sholawat ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya.” (HR An Nasa’i).

Demikian penjelasan tentang bacaan sholawat untuk Maulid Nabi yang diambil dari berbagai sumber. Semoga tulisan ini bermanfaat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”