IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Sempurna mungkin jadi sebutan paling cocok untuk pemula yang sedang memulai karirnya sebagai fotografer profesional dengan bekal kamera canon. Sebab, kombinasi spesifikasi Canon 1500D benar-benar kompleks namun tetap memudahkan penggunanya.

Berbagai Acuan Spesifikasi Canon 1500D

Canon EOS 1500D merupakan kamera unggul nan hebat bagi seorang pemula. Mengingat banyaknya fitur dengan orientasi pada desain yang membuatnya sempurna untuk banyak amatir hingga pengguna profesional. Adapun acuan spesifikasi canon 1500D dapat dijabarkan menjadi:

1. Dari Segi Desain dan Kualitas Bangun

Secara umum, seri ini dibentuk dalam bodi polikarbonat dan diperkukuh oleh serat karbon. Sementara desainnya sendiri ideal untuk penggunaan 1 tangan lantaran adanya lapisan karet di sisi kanannya yang juga menjanjikan cengkraman kuat bagi penggunanya.

Selain itu, terdapat banyak tombol pada badan perangkatnya yang memudahkan kontrol dari berbagai penyesuaian. Termasuk diantaranya fokus otomatis dengan tombol pintas untuk mode ISO, drive, dan white balance, hingga keperluan navigasi menunya.

2. Dari Segi Resolusi

Seri EOS 1500D menyediakan sensor CMOS APS-C 24,1 megapiksel, lengkap dengan prosesor DIGIC 4+. Kedua kombinasi tersebut memungkinkan penggunanya untuk menangkap sejumlah pemandangan menarik sambil tetap menjaga beban agar rendah.

Secara garis besar, dengan spesifikasi Canon 1500D, kamera ini tidak dapat menangani beban berat yang terlalu tinggi. Hal tersebut dibuktikan oleh fakta bahwa EOS 1500D hanya mampu merekam video dalam resolusi [email protected] dan pemotretan beruntun sebanyak 3 fps.

3. Dari Segi Fitur Otomatis

Dibandingkan dengan kamera Canon versi sebelumnya, yakni EOS 1300D, Canon EOS 1500D memiliki sejumlah keunggulan dalam hal kelengkapannya. Seri ini dilengkapi dengan mode scene intelligent auto dan filter creative yang dapat membantu menangkap gambar indah.

Dalam mode serupa, fotografer pemula dapat menghasilkan foto jernih dan berkualitas berkat fitur-fitur otomatisnya yang cerdas.

4. Dari Segi User Interface

Karena fokusnya menyasar pada fotografer pemula, Canon membuat user interface EOS 1500D sesederhana mungkin. Pengguna tak lagi perlu belajar banyak hal teknis agar dapat memahami menu navigasinya.

Diketahui, antara spesifikasi Canon 1500D dan 1300D memiliki kesamaan dalam hal fitur bahasa. Pun dengan penempatan tombol dan dial yang hampir keseluruhannya masih sama. Tidak mengherankan jika kemudian pengguna seri 1300D jadi gampang akrab dengan EOS 1500D.

5. Dari Segi Lensa

Lensa pada EOS 1500D adalah lensa EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS II yang menawarkan rentang panjang fokus sekitar 28.8-88mm. Rentang tersebut dapat mencakup sudut lebar sampai perspektif telefoto pendek.

Adapula spesifikasi Canon 1500D berupa elemen asferis dalam desain optik yang bisa digunakan untuk mengontrol aberasi dan kejelasan secara lebih tinggi, serta penstabil gambar optik demi meminimalkan tampilan guncangan pada hasil foto.

6. Dari Segi Transfer Gambar

Lebih jauh, EOS 1500D juga dilengkapi dengan kemampuan WiFi+NFC yang dapat menghubungkan smartphone ke perangkat kamera Canon 1500D.

Cukup dengan mengunduh aplikasi Camera Connect pada smartphone dan Anda sudah bisa menggunakan perangkat seluler untuk mengambil gambar dari DSLR. Pun, pengguna dapat mereview sekaligus mentransfer foto dengan mudah ke ponsel dengan fitur tersebut.

7. Dari Segi Bobotnya

Tidak bisa dipungkiri, bagian terbaik dari EOS 1500D adalah seberapa ringan bobotnya. Dengan desain yang terbilang sempurna untuk penggunaan satu tangan. Disamping itu, kamera ini memiliki daya tahan baterai luar biasa, yakni mencapai 600 bidikan.

Lebih detail, bobot bersih kamera dengan segudang spesifikasi Canon 1500D ini adalah 675 gram. Bobot tersebut lebih ringan 10 gram dari pada seri EOS 1300D.

8. Dari Segi Harga

Canon termasuk sebagai salah satu produk dengan kamera berkualitas dengan harga relatif terjangkau. Dengan spesifikasi selengkap itu, ditambah dengan garansi dan isi box yang bisa didapat, Anda hanya perlu membayar sekitar 6-7 juta untuk seri 1500D.

Untuk 1 box nya, Anda akan mendapatkan 1 body kamera Canon EOS 1500D, charger LC-E10, baterai LP-E10. Lens cap, tali strap, lensa kit 18-55mm f/3.5-5.6 IS II, buku panduan, 3 jenis kabel power, dan kartu garansi distributor.

Demikianlah informasi singkat mengenai spesifikasi Canon 1500D lengkap dengan kisaran harganya yang perlu Anda ketahui. Bagaimana? Tertarik untuk memilikinya?