IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 4, 2022

idwarta.com – Hukum sholat jenazah adalah kifayah atau kewajiban kolektif. Itu artinya, kewajiban menyolatkan jenazah akan gugur jika salah seorang di suatu tempat sudah melakukan sholat jenazah.

Sholat jenazah dilakukan sebagai bentuk upaya sesama Muslim yang masih hidup mendoakan jenazah saudaranya yang telah lebih dulu menghadap ke Sang Pencipta.

Niat adalah bagian terpenting dalam suatu ibadah, tanpa terkecuali ketika akan melakukan sholat jenazah. Niat ini dibaca sebelum memulai sholat jenazah.

Bacaan niat sholat jenazah juga dibedakan berdasarkan jenis kelamin jenazah yang akan disholatkan. Berikut bacaan niat lengkap dengan artinya.

Ushalli ‘alaa haadzal mayyiti fardlan lillaahi ta’aalaa

Artinya: aku berniat untuk melaksanakan sholat jenazah laki-laki ini fardhu karena Allah Ta’ala.

Ushalli ‘alaa haadzihil mayyitati fardlan lillaahi ta’aalaa

Artinya: Aku berniat untuk melaksanakan sholat jenazah perempuan ini fardhu karena Allah Ta’aala.

3. Niat Sholat Jenazah yang Dilakukan Berjamaah

Ushalli ‘alaa man shalla ‘alaihil imaamu ma’mûman fardlan lillaahi ta’aalaa

Artinya: Aku berniat untuk melaksanakan sholat atas jenazah yang disholati oleh imam, fardhu karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Sholat Jenazah

1. Membaca niat

2. Takbiratul ihram dilanjutkan membaca Al Fatihah

3. Takbir kedua membaca doa:

Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa ‘alâ âli Muhammad, kamâ shallaita ‘alâ Ibrâhîm wa ‘alâ âli Ibrâhim, wa bârik ‘alâ Muhammad, wa ‘alâ âli Muhammad, kamâ bârakta ‘alâ Ibrâhîm wa ‘alâ âli Ibrâhîm fil ‘âlamîna innaka hamîdun majîd.

4. Takbir ketiga membaca:

Allahummagfir lahu warhamhu wa ‘afihi wa ‘fu’anhu wakrim nuzulahu wa wasi’ madkholahu wagsilhu bilma’i watsalju wal bardi wa naqqihi minadzunubi walkhotoyaya kama yunaqqi atssaubulabyadhu binaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi, wahlan khoyron min ahliho, wa zaujan khoyron min zaujihi waqihi fitnatalqobri wa ‘adzabi nnar.

5. Takbir keempat membaca:

Allahumma la tahrimna uhroha waltaftina bakdahu.

6. Salam ke kanan dan kiri

Doa untuk Jenazah

Doa ini dibaca ketika selesai takbir ketiga sholat jenazah. Berikut bacaan doa berdasarkan jenis kelamin jenazah.

Doa untuk Jenazah Laki-laki

Allaahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa‘fu anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmaa’i wats tsalji wal baradi, wa naqqihi minal khathaayaa kamaa naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhu al-jannata wa a’udhu min ‘adzaabil qabri wa min adzaabinnaar.

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan kepada dia, berikanlah rahmat padanya, bebaskanlah serta maafkanlah dirinya. Berikanlah tempat yang mulia untuknya, luaskanlah kuburnya serta mandikanlah ia dengan air, salju maupun es. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, seperti Engkau membersihkan baju yang putih dari segala kotoran. Lalu, berikanlah ia rumah yang lebih baik dari rumah yang ia miliki di dunia, berikanlah keluarga yang lebih baik dari keluarganya di dunia, serta pasangan yang lebih baik dari pasangannya di dunia. Lalu masukkanlah ia ke surga dan berikanlah lindungan padanya dari siksa kubur maupun siksa neraka.

Doa untuk Jenazah Perempuan

Allaahummaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa‘fu anhaa wa akrim nuzulahaa wa wassi’ madkhalahaa waghsilhaa bilmaa’i wats tsalji wal baradi, wa naqqihaa minal khathaayaa kamaa naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhaa daaran khairan min daarihaa wa ahlan khairan min ahlihaa wa zaujan khairan min zaujihaa wa adkhilhaa al-jannata wa a’idzhaa min ‘adzaabil qabri wa min adzaabinnaar

Artinya:

Ya Allah, berikanlah ampunan kepada dirinya, berikanlah rahmat kepadanya, serta bebaskanlah ia dan maafkanlah ia. Berikanlah tempat yang mulia untuknya, luaskanlah kuburnya serta mandikanlah ia dengan air, salju maupun es. Bersihkanlah dirinya dari segala kesalahan, seperti ketika Engka membersihkan baju putih dari segala kotoran. Lalu berikanlah ia rumah yang lebih baik dari rumahnya yang ia miliki di dunia, berikanlah keluarga yang lebih baik dari keluarganya yang ada di dunia, serta pasangan yang lebih baik dari pada pasangannya yang ia miliki di dunia. Lalu, masukkanlah ia ke surga serta lindungilah ia dari siksa kubur maupun siksa neraka.

Itulah ulasan lengkap mengenai tata cara sholat jenazah beserta bacaan niat dan doa untuk jenazah berdasarkan jenis kelaminnya. Semoga bermanfaat!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”