Jembatan Ampera Pelambang Yang Menarik Untuk Diulas
Wisata

Tempat Wisata di Palembang Bertemakan Sejarah

IDWARTA.com – Pada masing-masing wilayah tentu terdapat sebuah tempat wisata yang menawarkan kekayaan sejarah di dalamnya. Pengetahuan sejarah memang diperlukan bagi para generasi penerus agar dapat mencintai budaya negeri sendiri.

 

Terdapat cukup banyak tempat wisata di Palembang yang menawarkan tempat wisata berbau sejarah, anda dapat mengajak buah hati anda untuk menelusuri tempat tersebut. Sehingga si kecilpun akan lebih mengenal tentang sejarah.

 

Belajar sejarah akan jauh lebih seru jika sembari berpariwisata. Alhasil buah hati anda pun tak bosan. Tetapi, bagi anda yang ingin lebih jauh mengenal sejarah juga takkan masalah bila mengunjungi tempat wisata di Palembang bersama kerabat ataupun rekan anda.

 

Sebagai generasi muda bangsa sudah jadi kewajiban bagi kita untuk melestarikan budaya yang ada, salah satunya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah yang ada di kota pempek ini, yakni Palembang.

 

Uraian Singkat Kota Palembang

Palembang merupakan kota urutan kedua terbesar di pulau Sumatera. Sebelum anda berkunjung kesini untuk menikmati aneka tempat wisata di Palembang, ada baiknya jika anda berkenalan terlebih dulu dengan kota indah tersebut.

 

Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan yang mana memiliki luas sekitar 358,55 m2 dan dengan jumlah penduduk yang mencapai 1,7 juta orang. Bahkan diprediksi bahwa tahun 2030 mendatang jumlah penduduknya akan mengalami peningkatan mencapai 2,5 juta orang.

 

Kota ini juga menyimpan rangkaian sejarah yang tak kalah menarik dari kota-kota lainnya, karena dulunya Palembang dijadikan sebagai ibukota dari kerajaan bahari Buddha yang terbesar di wilayah Asia Tenggara kala itu.

 

Di Nusantara dan Semenanjung Malaya masa abad ke-19 terdapat Kerajaan Sriwijaya yang paling dominan, sehingga kota tersebut terkenal dengan nama Bumi Sriwijaya. Bahkan di dunia Barat, kota Palembang mempunyai julukan Venice of the East atau Venesia dari Timur.

 

Sungguh keren bukan sejarah dari kota ini? akan jauh lebih keren apabila anda memandang secara langsung akan tempat wisata di Palembang.

 

Tempat Wisata di Palembang yang Menyimpan Sejarah

Palembang yang juga dikenal sebagai produsen pempek ini memiliki kekayaan daerah wisata yang cukup berlimpah. Akan sangat rugi bagi anda yang singgah disini tanpa menikmati tempat wisata di Palembang. Intip Yuk, beberapa referensi wisata Palembang yang bisa anda kunjungi:

 

1. Area wisata Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Jembatan Ampera Pelambang Yang Menarik Untuk Diulas

Jembatan ampera merupakan penghubung antara seberang Ulu dan Ilir yang berlawanan. 50 meter dari jembatan tersebut tersedia suatu pasar pusat yang mana menjajahkan aneka souvenir hingga wisata kuliner yang menggugah selera anda. Selain itu, tempat wisata di Palembang yang berikut ini akan nampak lebih eksotis jika anda kunjungi pada malam hari.

 

Anda akan serasa ada di luar negeri jika berkunjung ke tempat ini pada saat malam hari. Pada malam hari, jembatan Ampera akan dihiasi lampu warna-warni yang memancarkan cahaya terang ke seluruh penjuru. Cahaya tersebut menjulang tinggi ke langit sehingga membuat pengunjung berdecak kagum menyaksikan teknik pencahayaan yang membuat jembatan ini berkesan megah.

 

Baca Juga : Jembatan Ampera Ikon Wisata Kota Palembang.

 

2. Tempat Wisata di Palembang Yang Berbau Religi Berupa Masjid Cheng Hoo

Masjid yang satu ini memiliki desain bangunan yang berbeda, yakni merupakan masjid yang dibangun dengan style utamanya yaitu Tionghoa. Inilah bukti sejarah bahwa bangsa China memiliki kaitan erat dengan Islam. Lokasi tempat wisata di Palembang ini berada di kawasan Jakabaring.

 

Masjid yang memiliki nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya ini lokasinya berada di Area Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.Tidak hanya wisatawan lokal saja yang banyak berkunjung ke masjid ini, namun uniknya banyak juga yang datang dari wisatawan asing, seperti dari Singapura, Malaysia, Taiwan, dan bahkan juga ada yang datang dari Rusia.

 

Baca Juga : Masjid Cheng Ho Palembang, Perpaduan Budaya, Sejarah dan Religi.

 

3. Wisata Dengan Alam Bernama Bukit Siguntang

Tempat wisata di Palembang ini juga sekaligus merupakan makam dari para bangsawan tempo dulu, yang juga dianggap sebagai orang-orang penting dari Palembang. Bukit tersebut memiliki ketinggian sekitar 29 hingga 30 meter dari permukaan laut. Dulunya tempat ini juga digunakan untuk bersemedi dan ritual ibadah. Hingga sampai saat ini masyarakat masih mempercayainya sebagai salah satu tempat yang sakral.

 

Bukit Siguntang berlokasi kira-kira 3 kilometer dari sebelah utara Sungai Musi, masih dalam kawasan kota Palembang. Secara administratif masuk dalam area kelurahan Bukit Lama, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Jika diukur Jaraknya dari pusat kota Palembang kira-kira 4 KM arah Barat daya. Aksesnya cukup mudah bisa dicapai dengan angkutan umum tujuan Bukit Besar.

 

Baca Juga : Menikmati Keindahan Alam dan Menelusuri Jejak Sejarah Penting Kerajaan Sriwijaya di Bukit Siguntang.

 

4. Penyimpan sejarah Berupa Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Jika anda ingin lebih dalam menggali kajian sejarah yang ada di kota Palembang, maka anda harus mengunjungi tempat wisata di Palembang yang berikut ini. Museum tersebut memang nyata dari peninggalan dari Kerajaan Palembang Darussalam. Untuk lokasinya berada di sekitar Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak.

 

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II memiliki 2 lantai yang mana hanya pada lantai bagian atas saja dipamerkannya koleksi-koleksi museum tersebut. Beberapa jenis koleksi yang di pamerkan di museum ini adalah koleksi etnografi, biologi, arkeologi, senirupa, numismatik dan keramik.

 

Baca Juga : Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Jadi Wisata Bersejarah di Palembang.

 

Tempat Wisata di Palembang Bertajuk Tempat Nongkrong Seru

Sebagai anak muda tentulah selain mengunjungi suatu tempat karena alasan keindahan alam dan kekayaan sejarah, alasan lainnya dikarenakan adanya tempat nongkrong yang cukup seru. Di Palembang juga tersedia tempat-tempat nongkrong yang sangat cocok bagi muda-mudi seperti anda.

 

Berikut beberapa referensi tempat wisata di Palembang yang dapat anda jadikan sebagai tempat nongkrong:

 

1. Benteng Kuto Besak

Sejarah Benteng Kuto Besak Palembang, Tempat Wisata Palembang

Pada malam hari, area ini menjadi salah satu tempat yang paling ramai untuk digunakan nongkrong oleh kawula muda. Pemandangannya yang indah, ditambah dengan angin sejuk yang berhembus dari arah sungai Musi akan menjadikan malam anda semakin syahdu, anda juga akan menjumpai kerlipan lampu yang nampak lebih indah ketika malam menjelang.

 

Adapun Lokasi dari benteng kuto besak ini berada dekat dengan jembatan Ampera dan berada di tepian sungai musi kota Palembang, sumatera selatan. Lebih detailnya lagi berada di Jl Sultan Mahmud Badarudin 19-Ilir, Bukit Kecil, Palembang.

 

Baca Juga : Nongkrong Asik Di Benteng Kuto Besak Palembang.

 

2. Kambang Iwak

Tempat ini biasa juga disebut dengan nama KI, yang merupakan singkatan dari Kambang Iwak. Pada tempat wisata di Palembang berbau tempat kumpul anak-anak muda ini juga terdapat sebuah air mancur yang akan menambah keindahan malam anda, anda juga dapat jajan disini, karena terdapat penjual makanan yang cukup berlimpah. Rasanya akan kurang lengkap jika berkunjung ke Palembang tanpa melenggang di tempat nongkrong ini. Taman kota kambang iwak ini berlokasi di wilayah talang semut, Bukit Kecil. Lebih lengkapnya lagi yaitu beralamat di Jl. Dr. Sutomo-Jl. Tasik, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

 

Baca Juga : Rekreasi Ke Taman Kota Kambang Iwak Di Palembang.

 

Beberapa tempat wisata di Palembang tersebut dapat anda jadikan pilihan untuk mewarnai hari-hari anda selama ada di Palembang. Andapun juga dapat berburu wisata kuliner disana, anda wajib mencoba rasa khas pempek Palembang. Tentunya paduan yang sempurna dan menarik untuk anda coba. Nikmatilah perjalanan anda selama disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *