Air Terjun Tanah Merah, Indahnya alam di Kalimantan Timur
Wisata

Tempat Wisata Di Samarinda Yang Tersohor

IDWARTA.com – Samarinda merupakan ibu kota dari Kalimantan Timur, mungkin itu yang selama ini anda ketahui tentang kota berikut ini. Namun, tahukah anda bahwa ternyata kota yang satu ini memiliki destinasi wisata yang cukup asyik untuk dinikmati? Ya, memang belum banyak orang yang tahu akan tempat wisata di Samarinda. Padahal kota ini menjadi tempat transit ke Kepulauan Derawan yang mana merupakan tempat wisata yang cukup ternama disana.

 

Anda dapat mencapai kota Samarinda dengan alternatif darat, udara ataupun via air. Jika anda berasal dari luar pulau kalimantan dan hendak berkunjung kesini untuk menghabiskan liburan anda, maka sebelumnya anda harus memilih alternatif destinasi wisata di Samarinda, hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam proses bepergian.

 

Destinasi Wisata Di Samarinda Berdasarkan Jenisnya

Samarinda merupakan kota yang memiliki banyak pengunjung, entah untuk alasan mencari pekerjaan atau memang untuk tujuan liburan. Destinasi wisata di Samarinda menawarkan kepada anda pesona yang sangat memikat, yang dibarengi dengan aneka wisata yang menggoda. Kesejukan serta ketenangan pikiran bisa anda peroleh dengan mengunjungi beberapa lokasi wisata di Samarinda. Maka kenalilah beragam wisata di Samarinda berdasarkan jenisnya berikut ini.

 

Tempat Wisata Alam Samarinda

Terdapat beberapa tempat wisata di Samarinda yang berbau alam, bagi anda yang suka berpadu dengan alam, segeralah berkunjung. Untuk wisata alamnya terbagi atas:

 

1. Air Terjun Tanah Merah

Tempat wisata di samarinda - Air Terjun Tanah Merah

Berikut ialah tempat wisata di Samarinda yang dapat anda kunjungi beramai-ramai. Anda dapat menggali petualangan disini menyusuri tanah demi tanah untuk sampai ke air terjunnya. Disini tersedia fasilitas seperti pendopo guna tempat istirahat dan area parkir yang cukup luas.

 

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam di KalTim

Tentu anda pernah mendengar nama Sungai Mahakam bukan? Sungai ini merupakan sungai terbesar yang ada di Kalimantan Timur dengan panjang sekitar 920 km. Diketahui pesut mahakam merupakan maskot kota Samarinda yang cukup terkenal namanya.

 

3. Telaga Permai Batu Besaung

Anda dapat datang ke tempat wisata di Samarinda yang berikut, selain waktu tempuhnya cukup singkat yakni dengan jarak 15 km dari pusat kota Samarinda, anda juga akan mendapatkan pesona alam yang luar biasa elok di tempat ini. pemandangannya cukup asri dan sejuk. Tentu ini yang dicari oleh wisatawan yang berasal dari kota-kota besar. Sehingga ketika telah sampai, akan terasa enggan bagi anda untuk meninggalkan tempat wisata di Samarinda yang satu ini.

 

Tempat Wisata Di Samarinda Yang Berbau Budaya

Desa Budaya Kalimantan Timur, Pampang. Desa ini berada di sungai Siring yang mana merupakan tempat wisata yang kental akan budaya. Yang menghuni desa ini dialah suku Dayak Apokayan dan Dayak Kenyah. Anda akan disuguhi kebudayaan yang masih dibalut kental disini. Karena warga desanya masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang khas Kalimantan. Apabila anda datang di waktu yang tepat, anda dapat mendapatkan suguhan berupa pagelaran pesta budaya yang diselenggarakan oleh warga setempat.

 

Wisata Umum di Samarinda

Untuk tempat wisata umum yang sangat populer adalah Jembatan Mahakam Ulu yang merupakan ikon Samarinda yang cukup ternama. Selain digunakan sebagai penghubung antara Sungai Kunjang dengan kecamatan Samarinda seberang, jembatan tersebut juga berfungsi sebagai tempat wisata. Selain itu, tempat ini berada melintang di atas sungai Mahakam. Pada malam hari ia nampak lebih cantik.

 

Tempat Wisata di Samarinda Berunsur Religi

Selain kaya akan tempat wisata alam, budaya, dan umum terdapat pula wisata religi di Samarinda. Tempat-tempat tersebut meliputi: Islamic Center Samarinda, Masjid Shiratal Mustaqiem, dan Goa Maria. Beberapa wisata tersebut dapat anda jadikan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

 

Berburu Cinderamata Di Wisata Belanja Samarinda

Apabila anda telah sampai di Samarinda dan hendak berburu cinderamata khas, maka anda dapat mendatangi beberapa wisata belanjanya, di antaranya:

 

1. Kampung Tenun Kalimantan Timur Samarinda Sebrang

Kampung Tenun Kalimantan Timur Samarinda Sebrang

Tentu anda sudah tahu bahwa Samarinda terkenal dengan ragam kain tenunnya, seperti sarung Samarinda. Di tempat wisata belanja yang satu ini anda dapar berburu barang-barang tenun yang cukup menawan.

 

2. Pasar Pagi

Tempat wisata tersebut yang berikut merupakan pasar tertua yang ada di Samarinda. Selain itu disini juga tersedia barang-barang dengan harga yang tergolong murah, anda dapat membeli oleh-oleh yang khas Samarinda disini. Pasar pagi ini berada di Jln. Jenderal Soedirman atau Jl. Gajah Mada.

 

Ragam Santapan Lezat Di Kota Samarinda

Tentu suatu tempat wisata juga memiliki kekayaan kuliner yang cukup berlimpah, salah satunya di kota ceria berikut ini. anda dapat memilih berbagai menu-menu khas daerah sekitar, berikut beberapa menu andalan khas Samarinda:

 

1. Ayam Banjar

Berikut ini salah satu makanan khas Samarinda yaitu Ayam Banjar yang biasanya disajikan dengan sayur bening, sayur santan labu kuning dan sambal goreng ati beserta sambal potongan jeruk. Anda wajib mencobanya.

 

2. Sate banjar

Sate ini cenderung berbeda daripada sate kebanyakan, hal ini karena tidak terdapat lemak dan kulit yang diikutsertakan sebagai bahan sate. Untuk sate banjar yang paling populer berada di Jl. Jenderal Sudirman, yakni di Rumah Makan Syari.

 

3. Pisang cinta ala D’Puncak Cafe

Ketika mencicipi sajian pisang cinta disini anda akan merasa ketagihan. Karena rasanya cukup manis, yang berpadu dengan suasana tenang di cafe ini. sungguh perpaduan yang harmonis.

 

Itulah beberapa destinasi wisata di Samarinda yang bisa anda jadikan referensi tempat untuk berlibur dengan keluarga ataupun pasangan anda. Dengan banyaknya pilihan dan ragam tempat wisata, anda tidak akan dibuat kecea telah berkunjung di Samarinda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *