Tips Beli Mobil Bekas di Showroom
OTOMOTIF

Tips Beli Mobil Bekas di Showroom Agar Tidak Tertipu

IDWARTA.com – Diketahui banyak calon konsumen dengan budget tidak banyak lebih memilih beli mobil bekas di showroom. Selain harga murah, pilihan mobil bekas juga terbilang cukup banyak mulai dari merek terkenal, tahun keluaran mobil dan lain sebagainya.

Maka tak heran kini semakin banyak pula usaha mendirikan showroom jual beli mobil bekas, meski dilihat dari sekilas tampilan deretan mobil bisa dibilang prima namun belum tentu kondisi lain pada mobil tersebut masih baik pula. Inilah yang membuat kita calon pembeli harus secara teliti dalam memilih kendaraan. Berikut di bawah ini tips sederhana beli mobil bekas di showroom agar tidak mudah tertipu.

 

1. Jangan Lupa Bekali Diri Anda dengan Informasi

Tips beli mobil bekas di showroom yang pertama ialah jangan lupa bekali diri anda dengan informasi yang cukup. Maksudnya tak lain adalah sebelum anda mendatangi showroom mobil bekas untuk pilih-pilih mobil, alangkah baiknya lakukan dulu riset online untuk mengetahui secara mendalam informasi terkait merek atau jenis mobil yang cocok untuk kebutuhan anda.

Selain itu pastikan anda sudah tahu betul berapa kisaran harga  pasaran mobil incaran anda dan tentang spesifikasi mobil tersebut. Sehingga anda bisa membandingkan ketika berkonsultasi dengan pihak showroom.

2. Jangan Sampai Tergoda Dengan Iming-Iming Harga Murah

Pasti ketika anda mencari mobil idaman di showroom yang terbesit dalam benak anda ialah dapat harga murah namun berkualitas. Apalagi showroom tersebut sedang menawarkan promo spesial harga super murah, pasti anda akan terbujuk oleh iming-iming tersebut dan langsung tanpa melakukan poin pertama tadi.

Hal ini sangat keliru dan bisa saja membuat anda tertipu dengan harga paling murah namun kenyataan kualitas mobil sangat buruk. Maka sebaiknya anda harus teliti dengan tawaran mobil bekas murah tersebut, meski promo harganya menggiurkan.

3. Selalu Tanyakan Histori Kendaraan

Maksud dari histori kendaraan di sini, tak lain adalah riwayat calon mobil bekas yang anda pilih tersebut. Mulai dari bukti servis, dan pemilik mobil tangan pertama. Berkaitan dengan servis rutin ini menandakan pemilik mobil yang menjual itu relatif faham mengenai bagaimana cara merawat mobil agar tampil prima. Serta alasan mobil itu dijual. Setelah semuanya cukup jelas, barulah anda memikirkan jadi tidaknya beli mobil pilihan tersebut.

4. Jangan Lupa Cek Kondisi Fisik Mobil

Jangan lupa selalu bertanya kepada pemilik showroom mengenai mobil yang anda pilih itu agar anda bisa yakin pilih mobil bekas tersebut. Mulai dari kondisi fisik mobil, serta pengecekan secara menyeluruh baik itu interior maupun eksterior mobil.

Tak lupa juga kondisi mesin mobil masihkah bagus atau ada yang janggal. Cara melakukan cek kondisi mobil ini bila anda kurang faham betul bisa bawa mekanik bengkel terpecaya untuk mengecek kondisi mobil incaran anda tersebut. Dan jangan lupa kalau bisa diluar jam kerja mekanik bengkel itu serta berikan ongkos untuk jasa pemeriksaan.

5. Selalu Lakukan Test Drive

Tips beli mobil bekas di showroom yang kelima ialah jangan lupa selalu lakukan test drive mobil incaran anda. Agar bisa lebih mantap pilih kendaraan tersebut. Jangan ragu untuk meminta test drive kepada pemilik showroom. Nantinya anda bisa merasakan kenyaman mobil ketika melaju di jalanan beraspal.

Pastikan anda mengikuti langkah-langkah melakukan test drive yang benar dan tepat, untuk memastikan performa mesin mobil serta kecocokan anda.

6. Jangan Lupa Periksa Dokumen Asli Kendaraan

Memeriksa kelengkapan dokumen asli kendaraan sangatlah penting. Seperti dokumen BPKB dan STNK cek keasliannya, serta cocokkan pula nomor mesin harus cocok dengan yang ada di dokumen tersebut. Perhatikan pula kapan pajak habis pada lembaran pajak di balik STNK. Bila hampir mendekati masa berlaku pajak, anda bisa melakukan negoisasi agar mendapatkan harga relatif murah.

Itulah tips beli mobil bekas di showroom agar tidak tertipu. Semoga ulasan diatas bermanfaat jangan lupa share ke media sosial di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *