Tips Membeli Rumah Idaman Keluarga Yang Nyaman

  • Whatsapp
Tips Membeli Rumah Idaman Untuk Keluarga

IDWARTA.com – Membeli sebuah rumah idaman memang salah satu prioritas utama bagi setiap keluarga pasangan muda yang baru saja menikah.

Namun tentu setiap pasangan yang baru menikah membeli rumah untuk pertama kali bukan perkara yang mudah. Karena memerlukan biaya yang tak hanya satu juta atau tiga jutaan.

Bacaan Lainnya

Melainkan puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Demi mewujudkan sebuah rumah impian keluarga. Maka perlu persiapan yang matang terlebih dahulu sebelum berencana membeli rumah idaman untuk keluarga.

Mulai dari mengumpulkan uang, selanjutnya mencari informasi tips membeli rumah idaman keluarga yang nyaman.

Jangan sampai salah langkah, yang menyebabkan rumah yang di beli tidak menjadi hunian yang nyaman.

10 Tips Membeli Rumah Idaman Bagi Keluarga

Berikut di bawah ini tips jitu membeli rumah idaman keluarga yang bisa membuat nyaman. Dengan harga yang terjangkau alias mumer atau murah meriah tapi berkualitas.

1. Hitung dengan Teliti dan Benar

Perlu di ingat urusan beli rumah adalah urusan jangka panjang yang benar-benar di perhitungkan. Pertama pada tips membeli rumah murah, fox business menyarankan bagi anda yang ingin beli rumah untuk pertama kali.

Harus menghitung secara cermat mengenai ongkos, maupun biaya yang nantinya akan di keluarkan untuk membeli unit rumah baru.

Hitungan itu meliputi berapa banyak yang di perlukan untuk uang muka, besaran cicilan disetiap bulannya, pajak, bunga jangka panjang, utilitas lain dan asuransi yang diberikan dari pengelola rumah idaman.

Di tambah lagi ongkos perbaikan bila diperlukan, biaya pemasangan infrastruktur hingga ongkos pulang pergi.

Jangan sampai anda tergiur iklan cicilan rumah murah setiap bulannya. Tapi di balik itu ada beberapa biaya tambahan yang belum terhitung sebelumnya.

Setelah di total keseluruhan biaya cicilan rumah murah ternyata luar biasa mahalnya.

Alangkah baiknya coba bayangkan anda dan keluarga nantinya menempati rumah idaman itu bertahun-tahun lamanya.

Kemudian sesuaikan dengan budget penghasilan anda setiap bulannya untuk biaya rumah tangga. Jangan sampai melebihi 30% di hitung dari pendapatan anda maupun campuran antara anda dan pasangan.

Ilustrasinya seperti ini, apabila penghasilan anda Rp 3 juta setiap bulan, maka 30% dari itu adalah Rp 900.000,-. Sehingga jangan sampai cicilan rumah idaman melebihi 900 ribu di setiap bulannya lebih baik di bawah 900 ribu saja.

Bila ingin beli rumah murah, jual rumah Jakarta Pusat bisa jadi pilihan utama bagi yang ingin beli rumah di kawasan Jakarta dan sekitarnya dengan cicilan yang terjangkau.

2. Riset Angsuran dan Bandingkan Sumber Pinjaman KPR

Cara nomor 2 ini berlaku bila anda membeli rumah idaman keluarga dengan sistem cicilan atau KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Jangan lelah melakukan riset dan bandingkan tawaran KPR yang di sediakan dari beberapa bank. Menurut Fox Business, anda di haruskan menghitung tawaran bunga pinjaman secara teliti.

Dan yang paling penting mengenai skema yang di pilih, apakah memakai bunga tetap, fluktuatif dan lain sebagainya.

Selain itu, anda jangan malu untuk bertanya mengenai fasilitas pinjaman yang di berikan oleh bank pilihan anda. Maka anda perlu sekali solusi cara kredit rumh tanpa riba.

Rekam Jejak Kredit Anda Harus Beres

3. Pastikan Rekam Jejak Kredit Anda Baik

Tips membeli rumah idaman keluarga yang ketiga ini sangat perlu di perhatikan. Yaitu soal rekam jejak kredit anda harus beres semua atau tidak bermasalah.

Hal ini demi lancarnya anda memperoleh pinjaman atau kredit dari bank yang di pilih untuk membeli rumah idaman.

Jangan sampai masih punya beban hutang tinggi mengajukan kredit rumah. Sebab penyedia dana akan selalu menghitung rasio utang anda.

Namun bila sedikit hutang anda, persetujuan pinjaman untuk membeli rumah ada peluang besar di terima.

4. Baca Kontrak Secara Cermat

Tips membeli rumah idaman keluarga yang nomor empat adalah membaca kontrak secara cermat. Meliputi macam kontrak atau surat menyurat serta dokumen lain.

Baik dari agen penjual rumah atau penyedia pinjaman dana. Dan bila anda berkeinginan untuk merubah, bisa mengajukan negosiasi terlebih dahulu.

Namun bila agen atau bank masih ada keberatan menjelaskan. Alangkah baiknya anda ganti agen atau bank lain.

Sebab masih banyak yang mau menjalin transaksi secara terbuka dan transparan tanpa ada yang di tutupi alias di sembunyikan.

Pentingnya Survey Untuk Membeli Rumah Idaman Keluarga

5. Survey dan Pelajari Lingkungan Rumah

Tips membeli rumah idaman keluarga selanjutnya adalah perlunya mensurvey dan mempelajari lingkungan rumah.

Maksudnya, survey lokasi rumah yang akan anda tempati nantinya serta calon lingkungan maupun tetangga rumah. Hal ini berkaitan dengan penyesuaian terhadap pola hidup yang anda impikan bersama keluarga.

6. Jangan Lupakan Perangkat Rumah Yang Penting

Perlunya menyisihkan sebagian biaya untuk membeli perangkat rumah. Meliputi tempat tidur, kamar mandi, dapur, perabotan rumah tangga, penghias rumah dan lain sebagainya.

Jangan sampai sudah mampu membeli rumah secara kredit tapi tidak bisa mengisinya.

7. Perlunya Memisahkan Anggaran Pengeluaran

Tips membeli rumah murah dari perencana keuangan Price Finnancial Advisory, Lauren Price adalah mampu memisahkan dan mengkategorikan pengeluaran sebagai pasangan.

Menurut Fox Business ada 3 kategori terpisah antara lain comfortable, survival dan liveable.

Dengan perencana yang baik, bisa membuat anda dan pasangan tidak akan tergoda untuk pengeluaran yang tidak di perlukan dan tetap bisa mencicil rumah idaman dengan santai tapi tepat waktu.

8. Jangan Diam Saja Menunggu Pasar

Kebanyakan pasangan muda yang baru menikah memilih rumah menunggu harga properti murah. Padahal pergerakan pasar properti nampak tidak pasti.

Jangan sampai ada fikiran menunggu pasar turun atau suku bunga rendah. Jika memang nilai rumah cocok dan masuk hitungan anggaran anda, alangkah baiknya jangan ragu untuk membeli rumah.

Hal ini berkaitan dengan kondisi ekonomi yang juga serba tak pasti. Yang mana bisa membuat anda menjadi kehilangan kesempatan memiliki rumah terbaik yang nyaman untuk keluarga.

Memilih Membeli Rumah Idaman Bagi Keluarga

9. Model Rumah Besar Bukan Berarti Baik

Perlu di garis bawahi ketika ingin membeli rumah idaman keluarga, intinya cuma dua yaitu bisa menyesuaikan dan nyaman di tempati.

Jangan terpaku pada ukuran rumah yang mewah besar. Perhatikan lingkungan anda, bila rumah itu cuma satu-satunya di sana. Maka sangat kecil terjual kembali bila di banderol harga tinggi.

10. Jangan Sampai Emosi Saat Memilih Rumah Idaman

Tips membeli rumah idaman yang terakhir ialah jangan sampai anda emosi saat memilih rumah yang ingin di beli.

Bahkan terpikat emosional yang meliputi halaman belakang rumah luas, cat rumah yang menarik, dan hal lain yang bersifat personal.

Bagaimana pun rumah adalah investasi jangka panjang, yang nilainya di tentukan oleh tigal hal.

Diantaranya lokasi rumah strategis atau tidak, struktur bangunan rumah dan desain rumah yang membuatnya memiliki nilai rumah semakin tinggi.

Jika anda ingin membeli rumah murah terbaik. Saya merekomendasikan untuk kunjungi situs Jual Rumah Jakarta.

Akhir Kata

Itulah 10 tips membeli rumah idaman keluarga yang nyaman di huni. Baik untuk pasangan muda baru menikah yang ingin beli rumah atau yang sedang mencari rumah impian murah meriah.

Seperti yang telah kita ketahui pasti ada jalan meski berliku untuk menuju impian yang di harapkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four − two =