Cara Merawat Kolam Ikan Koi
Tips

Tips Perawatan Kolam Ikan Koi Dengan Tepat Dan Benar

IDWARTA.com – Jika ingin memelihara ikan koi, maka perawatan kolam ikan koi juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Agar supaya ikan koi peliharaan tetap sehat.

Meskipun perawatan kolam ikan koi terbilang cukup sulit dan membutuhkan biaya yang mahal. Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat seseorang untuk tetap memelihara ikan koi.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan supaya ikan koi peliharaan tetap terjaga dengan baik dan bisa bertahan hidup lama.

Apabila kolam ikan koi tidak dirawat dan dibiarkan begitu saja, maka akan berakibat ikan menjadi tidak sehat atau bahkan mati. Karena ikan koi membutuhkan tempat yang bersih untuk tetap bertahan hidup.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kolam ikan koi dengan tepat dan benar agar ikan tetap sehat. Yuk kita simak penjelasan dibawah ini.

Tips Perawatan Kolam Ikan Koi Dengan Tepat Dan Benar

Menjaga Kadar Garam Dalam Air

Perlu diketahui, bahwa ikan koi tidak hidup pada habitat air asin. Namun jika ia ditempatkan didalam kolam maka air dalam kolam tersebut harus mengandung kadar garam.
Untuk menjaga kadar garam dalam air, anda bisa menaburkan garam NaCi ( Natrium Klorida ) atau garam khusus ikan koi.

Manfaat dari pada memberikan garam pada kolam ikan koi yaitu untuk membantu ia menjaga keseimbangan kadar air dan garam dalam tubuhnya.

Selain itu, garam yang telah tercampur pada air kolam ikan koi dapat membantu membunuh bakteri jahat dan mengurangi kadar nitrit. Jika kolam ikan koi tersebut berisi air bersih satu ton, maka sebaiknya taburkan 2 sampai 3 kg garam.

Menjaga Tingkat Keasaman Dan Suhu Air

Menjaga air agar tetap jernih dengan kadar garam yang baik ternyata belum cukup untuk membuat kondisi ikan tetap sehat.

Ada hal lain yang harus diperhatikan yaitu temperatur suhu air dan tingkat keasaman atau pH yang sesuai. Suhu kolam ikan koi disarankan antara 15 hingga 28 derajat celcius. Dan usahakan agar pH dalam kolam ikan koi berada pada angka 7 hingga 9.

Lengkapi Dengan Filter Air

Model Filter Air Kolam Koi Minimalis

Setiap beberapa minggu sekali selalu bersihkan kolam ikan koi. Supaya kotoran dari sisa-sisa makanan tidak mengendap.

Apabila kolam ikan koi tidak rutin dibersihkan maka bisa jadi air kolam tersebut terkontaminasi bakteri sehingga berbahaya bagi ikan yang ada didalamnya.

Tidak hanya itu saja selain rutin membersihkan kolam ikan koi, lengkapi juga dengan filter air yang baik. Ukuran filter air yang normal yaitu 30 persen dari muatan kolam ikan koi tersebut.
Jika membersihkan kolam ikan, jangan lupa juga membersihkan filter air tersebut supaya sirkulasi air menjadi lebih bersih dan lancar.

Perhatikan Kadar Oksigen Dalam Kolam

Tidak hanya membersihkan kolam dan menjaga sistem filtrasi dengan baik. Memperhatikan kadar oksigen dalam kolam juga menjadi hal yang penting. Maka dari itu, anda bisa menambahkan alat pembuat oksigen dalam kolam supaya penyuplaian oksigen dalam air dapat terlaksana dengan baik.

Atau mungkin anda mempunyai ide untuk membuat air terjun buatan agar oksigen tetap bisa diproduksi dengan baik dan maksimal.

Pastikan Ukuran Kolam Ikan Koi Sesuai

Pastikan ukuran kolam ikan koi sesuai dengan banyaknya ikan. Pastikan juga ia tidak berenang dalam kolam yang terlalu sempit atau kecil. Karena ikan koi merupakan jenis ikan yang ukurannya cukup besar dan perkembangannya relatif cepat. Setidaknya kolam ikan koi tersebut memiliki kedalaman satu meter.

Selain itu, agar ikan koi tidak mudah terkena jamur pastikan intensitas cahaya matahari sampai ke kolam ikan koi anda.

Itulah beberapa Tips Perawatan Kolam Ikan Koi Dengan Tepat Dan Benar, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *