IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 27, 2022

idwarta.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta siap menggelar pemilihan rektor baru menyusul segera selesainya masa jabatan pejabat sebelumnya.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNS Hadi Tjahjanto melalui daring yang diikuti dari Solo, Selasa mengatakan titik awal tahap pemilihan Rektor UNS untuk masa jabatan 2023-2028 sudah mulai dilakukan.

“Pemilihan rektor kali ini perdana sejak ditetapkannya UNS sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH),” kata Menteri Agraria dan Tata Ruang RI tersebut.

Oleh karena itu, dikatakannya, aturan yang diterapkan sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2020 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Sebelas Maret.

“Seperti tercantum pada Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2020 dalam waktu maksimal tiga bulan sebelum akhir masa jabatan rektor yang sedang menjabat maka UNS akan segera melaksanakan hajat rangkaian kegiatan pemilihan rektor,” katanya.

Dalam hal ini, MWA adalah organ yang berwenang untuk melakukan pengangkatan dan pemberhentian rektor sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, dikatakannya, MWA juga mengedepankan aspek kebersamaan sehingga telah ditetapkan panitia penjaringan dan penyaringan calon rektor (P3CR) yang didukung oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa sebagai tim teknis.

Dalam hal ini MWA juga telah membentuk panitia pengawas untuk P3CR yang melibatkan tiga organ di UNS yaitu senat akademik, pimpinan, dan dewan profesor.

“Harapannya seluruh tahapan pemilihan rektor dapat berlangsung tertib, taat peraturan perundang-undangan, dan berjalan secara transparan. Tujuannya agar membangun asa yang lebih baik untuk mencapai prestasi terbaik UNS di masa yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, ia menjelaskan, tahapan pemilihan rektor di antaranya sosialisasi yang dimulai sejak hari ini, dilanjutkan dengan tahapan penjaringan bakal calon rektor selama tanggal 3-10 Oktober 2022. Kemudian akan dilakukan penyaringan bakal calon rektor yang meliputi verifikasi berkas pendaftaran pada tanggal 12-14 Oktober 2022.

Pada tanggal 16-17 Oktober akan dilaksanakan pemaparan visi dan misi bakal calon rektor, dilanjutkan pemilihan calon rektor oleh MWA pada 20 Oktober, kemudian pemaparan visi dan misi calon rektor pada 27-28 Oktober.

“Pada tanggal 11 November akan dilakukan rapat pleno MWA dengan agenda pemilihan rektor dan pelantikan akan dilakukan pada 10-11 April 2023,” katanya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”