IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Memang bisa jual foto di internet? Bagi yang belum tahu, saat ini sudah banyak sekali website untuk jual hasil fotografi. Jadi sangat memungkinkan kamu bisa jual foto hasil jepretan sendiri loh.

Bahkan ada website terbaik yang mau membayar hasil karya kamu hingga $100 per foto. Kamu bisa bayangkan sendiri bila ada 10 foto saja yang berhasil terjual, kamu akan mendapatkan uang Rp 10 jutaan.

Kenapa Harus Jual Foto di Website?

website untuk jual hasil fotografi

Pendapatan Rp 10 juta ini bisa dikatakan bersih karena sudah dipotong pajak. Menariknya lagi kamu tidak dibebankan pajak tersebut karena sudah ditanggung buyer. Jadi pastikan memilin situs jual hasil fotografi yang terbaik agar kamu mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kamu jangan ragu-ragu lagi untuk daftar di website untuk jual hasil fotografi. Sudah pasti situs tersebut legit dan kini sudah banyak fotografer pemula dan profesional yang sudah membuktikannya.

Keputusan menjual hasil fotografi di internet adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan penghasilan menjanjikan. Berawal dari hobi yang ditekuni bisa mendatangkan penghasilan yang hasilnya sangat besar.

5 Daftar Website Untuk Jual Hasil Fotografi Terbaik

Apabila kamu suka dunia fotografi dan kemana-mana selalu membawa kamera, coba deh hasil fotonya dijual. Ketika dijual laku, tentu kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan. Lebih baik dijual daripada foto hanya tersimpan di komputer atau laptop yang bikin memori penuh saja.

Siapa tahu ada orang lain yang tertarik untuk membeli beberapa foto kamu. Orang lain disini bisa saja blogger, internet marketer, bahkan perusahaan periklanan. Sebenarnya istilah menjual ini kurang tepat, lebih tepatnya memajang agar orang mau mendownloadnya.

Apabila ingin dapatkan penghasilan, kamu bisa menentukan harga saat seseorang download foto tersebut. Komisi yang kamu dapatkan ini tergantung jumlah foto yang di download.

Agar tidak terlalu lama, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa website untuk jual hasil fotografi. Apabila foto kamu berhasil terjual maka siap-siap dapatkan bayaran tinggi. Apa saja situsnya? Silahkan simak daftarnya berikut ini :

Shutterstock : stok foto, video, gambar, vektor, dan musik

Website untuk jual hasil fotografi yang pertama adalah Shutterstock. Situs website ini memberikan komisi mulai dari 0,05-$120 per download file yang valid. Memang kamu bisa dapatkan penghasilan tak terbatas, namun struktur penetapan harga cukup sulit.

Pada intinya semakin banyak foto yang diunggah, kamu memiliki peluang dapatkan penghasilan besar dari jepretan sendiri. Sampai saat ini situs Shutterstock sudah memberikan komisi mencapai $300 juta dari 500 juta unduhan.

Melihat data tersebut menunjukkan bahwa pasar unduhan foto di situs Shutterstock sangat potensial dan kompetitif. Situs ini tidak hanya menjual foto saja, kamu bisa menjual video footage HD, musik, gambar vektor dan lainnya.

Opensea (jual foto mendapatkan NFT)

Website untuk jual hasil fotografi selanjutnya yang lagi hype saat ini adalah Opensea. Situs ini merupakan salah satu platform jual beli file digital seperti vektor, gambar ilustrasi, dan foto.

Satu hal yang membuat Opensea semakin viral adalah pengalaman jual beli file gital dengan mata uang digital. Demi kelancarannya jual beli file digital ini sudah dikendalikan oleh teknologi blockchain.

Terbukti ada seorang bernama Ghozali Everyday yang berhasil mendapatkan penghasilan miliaran. Pria ini bermodal jual foto selfie sejak tahun 2017 sudah mendapatkan uang miliaran rupiah.

Hal inilah yang membuat situs Opensea menjadi platform jual beli foto dengan hasil menjanjikan. Ketika kamu jual foto di Opensea berarti kamu menjual hak atas foto sehingga kamu mendapatkan Non-Fungible Token (NFT).

Adanya NFT sebagai bukti kalau aset digital ini sepenuhnya atas nama kamu. NFT sendiri bisa dijadikan sebagai nilai tukar dalam teknologi blockchain. Jual foto di Opensea tidak jauh beda dengan Shutterstock. Selain jual foto, kamu juga bisa jual file digital lainnya seperti musik, utilitas digital, nama domain, dan lainnya.

500px Prime (Komunitas foto online)

Website untuk jual hasil fotografi selanjutnya yang tidak kalah menariknya adalah 500px Prime. Platform ini merupakan kumpulan komunitas fotografer profesional yang bisa digunakan untuk jual hasil fotografi.

Situs ini menghubungkan para fotografer dengan membuat aturan batasan upload foto yaitu 500 piksel. Tentu semua aturan ini terinspirasi sejak situs ini berdiri.

Apabila kamu memiliki foto unik, menarik dan berkualitas tinggi bisa menentukan harga dari lisensi komersial. Kalau kamu merasa memiliki foto diatas rata-rata bisa memilih lisensi eksklusif. Jadi kalau kamu memilih lisensi tersebut setelah foto terjual hak cipta akan sepenuhnya milik buyer.

iStock : Free Pictures dan Ilustrasi

iStock merupakan salah satu website untuk jual hasil fotografi yang aktif sejak tahun 2001. Artinya platform ini sudah eksis lebih dari 21 tahun sebagai tempat jual beli foto online. Platform jual beli foto ini semakin populer karena sudah banyak kontributor yang menggunakannya.

Mengingat semakin ketat persaingan antar kontributor membuat dilakukan seleksi saat melakukan pendaftaran. Hal ini bertujuan untuk memastikan kalau setiap pendaftar sesuai dengan tujuan platform.

Ketika sudah berhasil terdaftar di website untuk jual hasil fotografi, kamu akan diarahkan untuk memilih genre fotografi. Dalam hal ini kamu bisa diarahkan untuk foto biasa, video, audio, gambar ilustrasi, dan lainnya.

Walau kamu sudah memilih genre fotografi, ternyata belum tentu kamu diterima sepenuhnya menjadi kontributor. Kamu masih berjuang lagi untuk mengikuti seleksi tahap dua. Jadi pihak iStock akan melakukan pemeriksaan kualifikasi kamu, kalau cocok kamu akan diberikan pertanyaan yang berhubungan dengan preferensi.

Tahap terakhir kamu akan disuruh mengupload karya pertama. Hal ini sekaligus untuk memastikan kualifikasi sudah diterima. Nantinya kamu akan mendapatkan pemberitahuan via email kalau kamu sudah resmi jadi kontributor iStock.

Kalau urusan komisi, kamu akan mendapatkan komisi 45% bagi kontributor eksklusif dan komisi 15% untuk kontributor biasa. Kamu berpeluang mendapatkan penghasilan lebih karena platform ini memiliki member dan jaringan yang luas.

Etsy (shop for vintage, handmade, unique gifts, and custom)

Website untuk jual hasil fotografi selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah Etsy. Namun pada awalnya platform ini digunakan sebagai marketplace untuk jualan dekorasi, kerajinan tangan, dan lainnya.

Seiring berjalannya waktu platform ini juga digunakan para pengguna untuk jualan foto. Satu hal yang menjadi daya tarik adalah kamu sebagai penjual berkesempatan untuk mendapatkan komisi yang tinggi. Namun kamu harus bekerja lebih keras untuk mempromosikan setiap unggahan di media sosial.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar website untuk jual hasil fotografi dengan bayaran tinggi. Saat ini sudah banyak cara untuk cari penghasilan di internet namun kamu harus tahu cara menggunakannya. Kini kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan menekuni hobi fotografi dengan memanfaatkan website jual beli foto diatas.