Juli 4, 2020

Wisata Goa Selomangleng Kediri Beserta Sejarah

IDWARTA.com – Goa Selomangleng Kediri merupakan tempat bersejarah yang berada di Kediri dan berasal dari zaman Raja Airlangga. Goa yang terbentuk dari batu andesit hitam dengan ukuran yang cukup besar sehingga begitu mencolok jika terlihat dari kejauhan.

Goa Selomangleng Kediri Jawa Timur merupakan wisata alam yang dimiliki oleh Kota Kediri. Berada di kaki Gunung Klotok sehingga menampakkan keindahan alam yang begitu menawan. Sehingga menarik perhatian masyarakat Kota Kediri untuk berkunjung ke Selomangleng Kediri.

Tetapi pengunjung harus sedikit menaiki anak tangga untuk sampai ke Goa Selomangleng Kediri. Karena posisi Goa Selomangleng Kediri berada pada tempat yang agak tinggi. Goa Selomangleng memiliki dua lubang pintu yang saling berhubungan.

Selain itu juga terdapat sebuah museum untuk menyimpan benda-benda bersejarah. Misalnya seperti terdapat relief yang terukir pada sebuah batu andesit yang diklaim menjadi jejak Panji di Kediri.

Didalam pengelolaan Goa Selomangleng Kediri, pemerintah daerah tidak banyak menyentuh bagian goa ini, karena khawatir jika merusak warisan budaya yang begitu berharga tersebut.

Sejarah Goa Selomangleng Kediri

Menurut cerita, Goa Selomangleng Kediri dahulu digunakan untuk tempat pertapaan oleh Dewi Kilisuci. Dewi Kilisuci, putri Kerajaan Kahuripan yang dipimpin oleh Raja Airlangga yang menolak menerima tahta Kerajaan yang di wariskan kepada beliau. Dewi Kilisuci lebih memilih untuk menjauhkan diri dari duniawi dengan melakukan tapa di Goa Selomangleng demi meminta kemakmuran bagi rakyat kediri.

Fasilitas Goa Selomangleng Kediri

Objek wisata Goa Selomangleng Kediri telah melalui beberapa tahap perkembangan sehingga menjadi wisata keluarga andalan masyarakat Kota Kediri. Terdapat beberapa fasilitas yang menunjang wisatawan seperti adanya kolam pemandian, permainan untuk anak-anak dan lain sebagainya.

Jika pengunjung ingin berenang di kolam pemandian akan dikenai tarif tersendiri dan tarifnya pun juga sangat terjangkau. Ada dua macam pilihan kolam renang ada yang untuk anak-anak dan orang dewasa.

Wisata Goa Selomangleng Kediri beserta Sejarah

 

Lokasi Goa Selomangleng Kediri

Goa Selomangleng Kediri berada di Jalan Mastrip, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Akses jalan menuju lokasi cukup mudah dilalui baik menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jika ditempuh dari pusat kota Kediri sekitar 3,5 km.

Jam Operasional Goa Selomangleng Kediri

Jika kalian ingin berkunjung ke Wisata Goa Selomangleng Kediri, tempat ini buka setiap hari senin sampai dengan minggu mulai dari jam 07.00 pagi hingga 17.00 sore.

JADILAH YANG PERTAMA BERKOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*