Wisata Raja Ampat Salah Satunya Pulau Batanta
Wisata

Wisata Raja Ampat, Kawasan Amazon Laut Dunia Yang Penuh Pesona

IDWARTA.com – Wisata Raja Ampat merupakan tempat wisata yang ada di provinsi Papua Barat. Destinasi wisata terbaik yang memiliki keindahan elok yang begitu mempesona. Salah satu yang membuat tempat ini begitu popular di mata dunia adalah karena film documenter yang dibuat oleh Avant Premiere yang diberi tajuk “Paradise 3” yang menggambarkan keindahan alam bawah laut.

 

Menariknya kini Raja Ampat mempunyai julukan unik yaitu kawasan Amazon Lautan Dunia. Julukan tersebut diberikan karena letaknya berada di segitiga karang dunia. Terdiri dari gugusan pulau yang jumlahnya mencapai 610 pulau. Dari semua pulau yang ada, hanya 35 yang dihuni oleh penduduk.

 

Jika Anda berkunjung ke pulau wisata Raja Ampat, ada empat pulau utama yang memiliki keunikan tersendiri yaitu Misool, Waigeo, Batanta, dan Salawati. Berdasarkan mitos masyarakatnya, pemberian nama Raja Ampat diartikan sebagai Empat Raja.

 

Berikut Ulasan selengkapnya tentang pesona wisata raja ampat, khususnya empat pulau utama yang sangat populer tersebut.

 

Pulau Batanta

Wisata Raja Ampat Salah Satunya Pulau Batanta

Pulau Batanta ini merupakan salah satu pulau besar yang ada di Raja Ampat. Di wisata raja ampat ini anda bisa menikmati keindahan alam yang terbilang masih alami. Perjalanan menuju wisata raja ampat Pulau Batanta ini anda perlu ke Sorong terlebih dahulu hingga menuju ke pelabuhan dengan menggunakan kapal.

 

Di sini anda menikmati indahnya air terjun pulau Batanta. Untuk menuju lokasi air terjun tersebut, kalian perlu melakukan trekking sampai ke pedalaman hutan. Namun anda tidak perlu khawatir sebab setapak demi setapak yang anda lalui akan disuguhkan keindahan alam yang luar biasa, serta lelah pun terasa hilang begitu saja.

 

Selain itu nuansa udara yang sejuk, membuat tubuh terasa rilex. Saat banyak wisatawan datang, pasti air terjun di Pulau Batanta paling ramai sekali. Maka tak heran pulau tersebut memiliki kesan yang berbeda dari lainnya di mata pengunjung.

 

Air terjun Batanta ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter tentunya airnya begitu sejuk dan terlihat amat megah. Adanya bebatuan yang mengelilingi air terjun itu membuatnya semakin indah. Anda juga akan menemukan sebuah gua kecil yang berada tepat di balik air terjun itu yang ada di wisata raja ampat.

 

Yang paling menjadikan kesan terindah ialah ketika berkunjung bakalan melihat pelangi yang nampak indah sekali. Tentu saja bakalan menjadi liburan yang terindah bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata ini.

 

Pulau Salawati

Wisata Raja Ampat memang banyak sekali. Di sini tersimpan berbagai macam keindahan alam yang patut kita banggakan. Seperti halnya pulau Salawati salah satu wisata Raja Ampat yang memiliki keindahan serta keragaman hayati yang telah diakui oleh dunia. Banyak yang menyebutnya Sungai Doctor karena dipercaya airnya bisa mengobati berbagai penyakit. Uniknya di pulau Salawati ini anda bisa menemui ikan yang terbilang begitu unik yaitu spesies baru ikan pelangi. Ikan pelangi ini hanya bisa ditemui di Pulau Doctor.

 

Penampakan ikan ini cantik sekali. Bayangkan saja dari warnanya saja begitu unik kulitnya berwarna-warni. Berkat temuan ini tentu saja semakin menguatkan betapa kayanya keragaman flora dan juga fauna yang berada di wisata Raja Ampat. Hampir dari tiga perempat bagian dari pulau Salawati ini berupa hutan sagu yang begitu lebat. Pohon tersebut memang tumbuh liar meskipun tidak ada yang menanamnya.

 

Wisata Raja Ampat pulau Salawati ini memang dikenal dengan keragaman hewan dan juga tumbuh-tumbuhannya. Di pulau Salawati ini terbilang tenang sangat sunyi dan juga masih perawan. Pantas saja jika banyak wisatawan yang memburu tempat wisata Raja Ampat ini. Untuk dapat sampai di pulau Salawati ini tentu saja anda perlu turun di Bandar udara Sorong. Selanjutnya anda perlu melakukan penyeberangan dari Sorong menuju Salawati dengan waktu tempuh 2 jam.

 

Pulau yang satu ini memang masih jauh dari jangkauan masyarakat. Namun patut kita banggakan karena pulau Salawati ini menyimpan berbagai keindahan yang memukau.

 

Pulau Waigeo

Di Raja Ampat terdapat sebuah pulau yang namanya pulau Waigeo yang mana pulau ini pulau yang terbesar di Raja Ampat. Keindahan yang bisa kita nikmati di pulau Waigeo ini adalah keindahan pantai yang berpasir putih serta air lautnya yang begitu jernih sehingga anda pun bisa menikmati secara langsung keindahan yang berada di bawah laut tanpa harus melakukan aktivitas snorkeling atau bahkan diving.

 

Pulau Waigeo ini memang dikenal dengan keindahan biota yang berada di bawah laut dengan berbagai ragam spesies ikan dan juga terumbu karang yang terindah di dunia. Jika anda ingin berkunjung ke pulau Waigeo, sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja memakan banyak waktu dan juga butuh biaya yang besar. Tentu saja untuk sampai di pulau Waigeo ini anda bisa menggunakan maskapai penerbangan yang berasal dari Jakarta Menuju ke Sorong selama 6 jam lamanya. Sedangkan dari Sorong untuk menuju ke Raja Ampat anda bisa menempuh menggunakan kapal pinisi.

 

Nah, sedangkan untuk biaya masuk Raja Ampat , anda akan dikenai biaya sekitar Rp 250.000,-. Bagi wisatawan domestik dan untuk wisatawan yang berasal dari mancanegara akan dikenai biaya masuk sekitar Rp 500.000,-.

 

Apabila anda sudah membayar tiket masuknya, tentu saja anda akan mendapatkan satu pin bulat yang bisa anda gunakan sebagai identitas diri anda. Bahkan pin nya tersebut bisa berlaku untuk satu tahun lamanya. Tentunya anda juga ingin berkunjung ke pulau Waigeo ini bukan. Keindahan bawah laut dengan panorama pantai yang begitu indah.

 

Pulau Misool

Jika anda berencana untuk berwisata ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk mengunjungi salah satu dari empat pulau terbesar yang dikenal dengan nama Pulau Misool.

 

Pulau yang berlokasi di wilayah Papua bagian barat ini merupakan daerah segitiga karang dunia yang menjadi habitat dari berbagai jenis ikan hias serta terumbu karang yang beragam.

 

Adanya keindahan inilah yang menyebabkan Pulau Misool dikenal sebagai tempat wisata Raja Ampat yang sangat menarik untuk dieksplorasi alam bawah lautnya. Hal lain yang menjadi daya tarik dari lokasi wisata Raja Ampat ini adalah jernihnya air laut serta pasir putihnya yang sering dijadikan sebagai lokasi berjemur oleh para wisatawan.

 

Bagi anda yang berniat untuk menghabiskan waktu liburan di Pulau Misool dengan berbagai aktivitas bawah air, maka sangat tidak disarankan untuk mengunjungi tempat wisata Raja Ampat Pulau Misool pada bulan Juni hingga September. Diwaktu ini cuaca Pulau Misool yang kurang baik, sehingga akan membuat liburan anda kurang menyenangkan.

 

Alternatifnya, anda bisa mengunjungi tempat wisata Raja Ampat pada bulan November ataupun Februari, di mana anda akan bisa menikmati keindahan bawah laut dari jarak pandang 25 meter.

 

Bumi Papua merupakan surga dunia yang menyimpan keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Sayangnya, untuk berwisata ke pulau ini, diperlukan budget yang tidaklah sedikit. Oleh sebab itu, jika anda ingin menjelajah alam Papua termasuk mengeksplorasi alam bawah laut Pulau Misool, maka anda bisa mensiasatinya dengan pergi berkelompok, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak sebanyak jika anda pergi sendirian.

 

Tips Wisata Raja Ampat

Jika anda mengaku sebagai seorang diver sejati, maka anda harus menyelami alam bawah laut Raja Ampat yang merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke tempat wisata Raja Ampat. Namun, sebelum anda menjelajah lebih jauh, sangat disarankan jika anda mengikuti beberapa tips perjalanan wisata Raja Ampat berikut ini.

 

Hal yang perlu anda persiapkan sebelum memulai perjalanan adalah dengan mencari waktu yang cocok untuk mengeksplorasi alam bawah lautnya. Bulan Oktober atau November merupakan waktu yang baik bagi anda untuk mengunjungi tempat wisata Raja Ampat, sebab pada bulan tersebut, cuaca di Raja Ampat sangat baik untuk ber-snorkeling.

 

Pastikan anda juga tidak lupa membawa kamera, sebab alam bawah laut Raja Ampat sangat sayang untuk tidak diabadikan. Selain itu, jangan lupa untuk membawa sunblok ataupun pakaian yang nyaman saat berada di pantai, mengingat cuaca di tempat wisata Raja Ampat sangatlah panas.

 

Tempat wisata Pulau Raja Ampat masih terbilang alami, maka andapun juga tidak boleh melewatkan untuk membawa lotion anti nyamuk jika tidak ingin tidur malam anda tidak nyenyak.

 

Rute Perjalanan

Untuk rute perjalanan menuju lokasi wisata Raja Ampat, maka anda bisa menghemat biaya perjalanan dengan naik kapal PELNI dengan biaya sekitar 700 ribu – 800 ribu per orangnya.

 

Dengan menaiki kapal PELNI ini, maka perjalanan anda akan membutuhkan waktu selama 5 hari 4 malam untuk tiba di pelabuhan kota Sorong. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke pelabuhan Rakyat yang ada di Waisai, ibu kota Raja Ampat dengan menggunakan kapal fiber ataupun kapal kayu.

 

Setibanya di Waisai, anda harus mendatangi kantor Depbudpar untuk mendapatkan tiket masuk dengan membayar Rp 200.000 untuk turis lokal dan Rp 500.000 untuk turis asing dan selepas itu, anda bisa mencari penginapan atau mendirikan tenda di pesisir pantai. Baru keesokan harinya anda bisa menjelajahi tempat wisata Raja Ampat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *