September 22, 2020

Wow, Destinasi 10 Tempat Negeri di Atas Awan Milik Indonesia

IDWARTA.com – Negeri di atas awan merupakan tempat wisata yang baru-baru ini menjadi perbincangan banyak warga masyarakat di Indonesia. Negeri di atas awan terletak pada dataran tinggi.

Seperti namanya, negeri di atas awan berarti kita bisa melihat pemandangan awan yang sejajar dengan gunung. Di Indonesia ada tempat-tempat yang dijuluki sebagai negeri di atas awan, di antaranya sebagai berikut:

10 Tempat Destinasi Negeri di Atas Awan Indonesia

 

1. Toraja Utara

Toraja utara memiliki destinasi seperti negeri di atas awan yang disebut sebagai dataran tinggi Lolai. Dataran tinggi Lolai berlokasi di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Yang menjadi daya tarik di kampung Lolai ini yaitu pemandangan sunrise. Jika cuacanya sangat mendukung kita bisa melihat dan menikmati pemandangan negeri di atas awan di atas sana karena tingginya sejajar dengan bumi yang kita pijaki. Untuk perjalanan menuju ke kampung Lolai ini banyak tikungan tajam dan medannya menanjak, namun jalannya cukup baik.

2. Puncak B29, Lumajang

Puncak B29 berlokasi di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Disana kita bisa menikmati pemandangan negeri di atas awan karena sejajar dengan kaki kita, tidak hanya itu saja disana juga dekat dengan tempat wisata seperti Pura Mandara Giri Semeru Agung dan Pemandian Selo Kambang. Puncak B29 merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

3. Mamullu, Mamasa

Mamullu berlokasi di Kampung Paken, Desa Mamullu, Kecamatan Pana, Mamasa, Sulawesi Barat. Di kampung ini juga ada pemandangan negeri di atas awan, namun untuk perjalanan menuju ke lokasi akses jalannya belum dibangun secara maksimal dengan pemerintah di desa setempat.

4. Dataran Tinggi Dieng

Dieng berlokasi di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, berjarak 30 km dari pusat kota Wonosobo. Dataran Tinggi Dieng berada di barat Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Dieng merupakan tempat wisata yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Di sana terdapat bukit yang bernama Sikunir yang menjadi tempat untuk melihat pemandangan awan yang menyelimuti daratan. Disana kita juga bisa melihat pemandangan cahaya matahari yang berwarna kuning keemasan atau biasa disebut dengan golden sunrise.

Tidak hanya itu saja, dieng juga memliki banyak wisata menarik lainnya misalnya seperti candi-candi dan telaga warna. Setiap bulan Agustus juga diadakan pertunjukkan Dieng Culture Festival.

5. Munduk Moding Plantation, di Bali

Munduk Moding Plantation berlokasi di Jalan Raya Asah Gobleg, Banjar Dinas Asa, Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali. Selain berasa berada di negeri di atas awan, disini kita juga bisa menikmati indahnya awan yang menyelimuti perkebunan kopi di sekitar kawasan ini.

6. Bukit Banyon, di Trenggalek

Bukit Banyon berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Bukit Banyon berada pada ketinggian mencapai 1.175 meter, kita bisa menyaksikan matahari terbit dan pemandangan awan yang berkabut menyelimuti perkampungan. Untuk akses jalan menuju ke lokasi tersebut bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Tempat ini belum resmi dijadikan sebagai obyek wisata jadi untuk biaya masuknya tidak perlu membayar atau gratis.

7. Batutumonga, di Sulawesi Selatan

Batutumonga berada di lereng Gunung Sesean, jika ditempuh dari Rantepao memerlukan waktu kurang lebih sekitar 90 menit. Selain pemandangan negeri di atas awan, batutumonga juga menawarkan banyak sekali pemandangan yang eksotis nan indah. Udara yang sejuk serta pemandangan persawahan yang hijau menambah keindahan tempat ini.

8. Gunung Andong, di Magelang

 

Gunung Andong berada di Magelang, Jawa Tengah. Ketinggian Gunung Andong yaitu 1.463 mdpl. Gunung Andong dijadikan tempat liburan bagi mereka pecinta alam biasanya untuk berkemah serta melihat dan menikmati pemandangan dari atas gunung. Tetapi untuk mendaki Gunung Andong mendannya cukup sulit dan ada batu-batu yang licin, jadi harus berhati-hati. Tiket masuknya cukup murah yaitu Rp. 4.000 per orang.

9. Kebun Buah Mangunan, di Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan berlokasi di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta. Di juluki sebagai negeri di atas awan, kita bisa menikmati keindahan awan yang menyelimuti pegunungan Sewu. Yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini yaitu gardu pandang Mangunan yang berada pada ketinggian mencapai 200 meter di atas permukaan air laut.

10. Bukit Panguk, di Yogyakarta

Bukit Punguk berlokasi di dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta. Di Bukit Panguk kita bisa menyaksikan sunrise dan juga pemandangan bukit-bukit yang hijau. Selain itu, juga ada kuliner yang di jual oleh warga sekitar khas kediwung. Harga tiket masuknya cukup murah untuk sepeda motor dikenai tarif Rp. 2.000 dan untuk mobil dikenai tarif Rp. 5.000.

Itulah ulasan Destinasi 10 Tempat Negeri di Atas Awan Milik Indonesia, yang jangan sampai anda lewatkan ketika ingin bertamasya atau berlibur ke tempat tersebut. Baca juga  Destinasi Terbaru Negeri di Atas Awan Lebak Banten.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*