Inilah Tampilan Smart Sim Multifungsi
Berita

Wow, Polresta Padang Terbitkan Smart SIM Multifungsi !

IDWARTA.com – Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Padang, Sumatera Barat saat ini menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) pintar atau biasa dikenal dengan smart SIM.

Di dalam smart SIM multifungsi ini terdapat chip yang berisi identitas pemilik, selain itu juga berfungsi merekam data forensik, kecelakaan pemilik SIM dan pelanggaran.

Kasatlantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya mengatakan selain sebagai identitas diri pemilik, smart SIM multifungsi juga dapat berfungsi sebagai e-money yang bisa digunakan untuk membayar parkir, tol dan untuk belanja non tunai pada tempat tertentu. Pemilik bisa mengisi saldo smart SIM maksimal Rp 2 juta.

Selain dilihat dari segi fungsi, desain SIM juga diubah. Smart SIM yang sebelumnya berwarna merah putih dan pada bagian atas terdapat tulisan nama negara ‘ Indonesia ‘, yang baru ini ada tambahan tentang keterangan golongan darah si pemilik SIM.

Tidak hanya itu saja, jika pada SIM yang lama hanya terdapat satu foto, untuk smart SIM multifungsi ini menggunakan dua foto sekaligus. Satu foto berukuran besar dengan foto berwarna dan satu lagi foto berukuran kecil tidak berwarna yang terletak pada bagian pojok kanan bawah. Sedangkan pada bagian belakang smart SIM tersebut berwarna putih.

Meskipun smart SIM yang baru sudah tersedia. “SIM dengan bentuk yang lama masih tetap berlaku sesuai dengan masa berlakunya SIM tersebut. Oleh sebab itu masyarakat tidak perlu khawatir lagi soal SIM lama”, ungkap Kompol Asril Prasetya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *